Intip, Cantiknya Air Terjun Benang Kelambu di Lombok

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu tempat wisata alam cantik di Lombok. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memesona bagai di negeri dongeng.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 06:00 WIB
Benang Kelambu, Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani
Lereng Gunung Rinjani ternyata jadi tempat di mana pesona air terjun Benang Kelambu tersimpan.

Liputan6.com, Bandung - Lombok dikenal sebagai salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan wisata alam mempesona. Pasalnya pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari pantai hingga air terjunnya.

Sebagai informasi menikmati wisata di air terjun selalu menyimpan daya tarik tersendiri yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Terutama untuk menikmati pemandangan alam menakjubkan dengan suasana yang asri dan menenangkan.

Sementara itu di Lombok terdapat salah satu wisata alam cantik yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Air terjunnya berlokasi di kaki Gunung Rinjani dan menawarkan pemandangan indah bagaikan di negeri dongeng.

Melansir dari Jadesta Kemenparekraf air terjun di tempat ini termasuk dalam daftar air terjun terunik di dunia versi On The Spot. Sebab air terjunnya terbentuk dari adanya patahan yang mengenai lapisan air tanah atau dalam istilah geologi dikenal dengan “aquifer layer fault”.

Air terjun ini juga menjadi salah satu bukti bahwa adanya air tanah dan membuktikan bahwa batuan gunung api juga baik untuk menyimpan air. Selain itu pengunjung bisa melihat jernihnya air dan berenang di kolam sekitar air terjunnya.

Tempat wisata alam ini juga dikelola sangat baik sehingga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan menjadi salah satu destinasi wisata alam di Lombok yang selalu ramai pengunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

[Bintang] Benang Kelambu, Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani
Air terjun Benang Kelambu di lereng Gunung Rinjani, Lombok. | via: redbubble.com

Berdasarkan situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Air terjunnya terkenal unik karena konon terbentuk dari aquifer layer fault.

Istilah tersebut menggambarkan sebuah patahan yang mengenai lapisan air tanah serta batuan gunung api. Selain itu air terjun ini menampilkan pesona alam yang indah karena aliran airnya yang berbentuk kelambu.

Terdapat tiga tingkat air terjun yang bisa dilihat yaitu tingkat atas bersumber dari mata air dan tingginya sekitar 30 meter. Kemudian tingkat kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama dengan tinggi sekitar 10 meter.

Sementara pada tingkat ketiga merupakan lanjutan dari tingkat kedua yang mempunyai tinggi sekitar 5 meter. Keindahan alamnya sendiri tidak hanya berasal dari airnya yang jernih tetapi juga air terjunnya yang dikelilingi pemandangan hijau cantik.

Wisatawan yang mengunjungi tempat ini bisa berenang di airnya yang segar atau berfoto cantik dengan latar belakang yang mempesona bagai di negeri dongeng.


Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

[Bintang] Benang Kelambu, Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani
Air terjun Benang Kelambu di lereng Gunung Rinjani, Lombok. | via: id.lombokindonesia.org

Air Terjun Benang Kelambu merupakan tempat wisata yang berada dalam satu kawasan dengan Geopark Gunung Rinjani. Tempatnya juga dikelola dengan sangat baik sehingga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Terdapat sejumlah fasilitas umum mulai dari area parkir kendaraan, toilet umum, hingga musala. Bahkan di dekat air terjunnya ada beberapa warung yang bisa dikunjungi untuk membeli makanan atau bersantai sambil melihat pemandangan air terjun.

Diketahui harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau dan ramah dikantong. Pada tahun lalu pengunjung bisa membayar tarif masuk sekitar Rp 5.000 per orang dan terdapat tarif parkir kendaraan yang berbeda-beda.

Misalnya untuk kendaraan motor membayar tarif parkir sekitar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Wisatawan juga bisa menggunakan jasa transportasi ojek yang ada di sekitar lokasinya untuk mempermudah perjalanan ke tempat tersebut.


Lokasi dan Rute ke Air Terjun Benang Kelambu

Gunung Rinjani
Meski tidak sepopuler jalur pendakian Senaru dan Senalun, Torean oleh masyarakat lokal kerap digunakan “jalan singkat” untuk langsung sampai ke Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Menikmati wisata alam ini tentunya cocok dikunjungi pada waktu pagi hari karena terdapat cahaya sinar matahari yang cantik dan udara yang sejuk. Perhatikan juga cuaca ketika berkunjung pastikan untuk datang ketika cuaca cerah.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu sendiri berlokasi di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Tempat wisata alamnya berada di satu kawasan yang sama dengan Geopark Gunung Rinjani.

Selain itu tempat wisata alamnya memiliki jam buka setiap hari pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Pengunjung yang datang dari Kota Mataram bisa menempuh perjalanan sekitar 34 km atau 1 jam 6 menit perjalanan.

Sementara dari Bandara Udara Internasional Lombok perjalanan yang akan ditempuh sekitar 37,5 km atau 1 jam 4 menit perjalanan. Tidak jauh dari tempatnya pengunjung juga bisa menginap di sejumlah penginapan yang ada di sekitar tempat wisata alam tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya