Pesona Karacak Valley, Spot Menikmati Alam Indah di Garut

Karacak Valley merupakan salah satu spot wisata alam menarik yang bisa dikunjungi di Garut. Tempatnya populer dijadikan destinasi berkemah dan menikmati alam.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 30 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 06:00 WIB
Karacak Valley di Gunung Karacak yang merupakan tempat wisata terkenal berupa hutan pinus
Karacak Valley di Gunung Karacak yang merupakan tempat wisata terkenal berupa hutan pinus. (Dok: Instagram @pinerkopi.id https://www.instagram.com/p/CQzewpkl7vW/?igsh=ang4MjVtbDQ5ZDl3)

Liputan6.com, Bandung - Menikmati keindahan alam sering kali menjadi salah satu cara efektif dalam melepas penat karena alam menawarkan ketenangan, keindahan, dan kedamaian yang sulit ditemukan di tengah hiruk-pikuk kota.

Di antara banyaknya destinasi alam indah di Indonesia terdapat salah satu lokasi yang terkenal dengan wisata alam yaitu Garut. Kota ini juga mudah untuk diakses karena hanya berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Bandung.

Melalui perjalanannya pengunjung bahkan bisa menikmati banyak keindahan alam yang mampu memanjakan mata dan pikiran. Sementara itu, salah satu tempat yang baik untuk dikunjungi di Garut adalah Karacak Valley.

Tempat wisata ini dikenal sebagai spot berlibur yang dikelilingi oleh hutan pinus dan hamparan hijau yang memukau sehingga tempat ini cocok untuk mereka yang ingin menikmati keindahan alam sambil melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Karacak Valley menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya karena dikelilingi oleh pemandangan alam yang menenangkan pengunjung bisa menikmati udara segar yang jarang ditemukan di kota besar.

Hutan pinus yang membentang luas di Karacak Valley memberikan sensasi teduh dan damai, cocok untuk beristirahat sejenak dari kesibukan. Diketahui tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang memukau yang masih arti.

Tempatnya juga populer dijadikan tujuan untuk berkemah karena mempunyai area kemah yang menarik untuk disewa. Berikut ini daya tarik hingga lokasi untuk menikmati wisata alam di Karacak Valley.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Daya Tarik Karacak Valley

Karacak Valley, salah satu destinasi libur lebaran di Garut
Karacak Valley salah satu destinasi libur lebaran di Garut. (Dok: Tripadvisor)

Karacak Valley menawarkan berbagai daya tarik alam yang membuat para pengunjung tertarik untuk menghabiskan momen berlibur ke tempat tersebut. Salah satunya adalah suasana alam yang asri dan dikelilingi hutan pinus yang luas.

Pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi serta hawa sejuk khas pegunungan menciptakan pengalaman menyenangkan bagi mereka yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk kota

Selain itu, hutan pinus yang memukau di Karacak Valley juga terkenal dengan sebagai tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Diketahui hutan pinus di tempat ini juga mempunyai luas yang besar sekitar 10 hektar.

Kelebihan tempat wisata alam ini juga ada pada lokasinya yang berada di ketinggian. Sehingga banyak pengunjung bisa menikmati alam sekaligus pemandangan kota Garut yang cantik dari atas.


Daya Tarik Berikutnya

Air terjun Karacak di area kawasan Karacak Valley Garut
Air terjun Karacak di area kawasan Karacak Valley Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Karacak Valley mempunyai area menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto karena tersedia spot yang Instagramable. Selain itu, sejumlah areanya juga bisa dimanfaatkan untuk berkemah bagi kamu yang ingin menikmati alam semalaman penuh.

Diketahui pengelola Karacak Valley menyediakan spot atau area berkemah yang lengkap dan terjaga. Kemudian, tempat ini juga menyediakan fasilitas umum yang lengkap yaitu toilet dan kamar mandi yang memadai.

Tempat ini sering kali jadi spot populer untuk menikmati waktu berlibur bersama teman atau sahabat. Bahkan tidak jarang spot kemahnya disewa oleh satu keluarga besar untuk menghabiskan waktu keluarga di alam.

Selain itu, harga tiket masuk ke Karacak Valley juga cukup terjangkau sekitar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Perlu dipahami harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.


Lokasi dan Rute ke Karacak Valley

Kawasan hutan pinus Karacak Valley menuju area baru jalur pendakian Gunung Karacak
Kawasan hutan pinus Karacak Valley menuju area baru jalur pendakian Gunung Karacak (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Karacak Valley berlokasi di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata alam ini mempunyai jam buka setiap hari selama 24 jam.

Sementara itu untuk mengunjungi lokasinya terdapat jalur yang harus dilalui berupa jalur indah seperti pohon pinus tinggi, air terjun, bahkan panorama lahan pertanian. Karacak Valley juga bisa diakses dengan mudah dari pusat kota Garut.

Diketahui wisatawan yang datang dari pusat kota Garut bisa menempuh jarak sekitar 9,2 km atau 31 menit perjalanan dengan kendaraan. Sementara itu, dari Stasiun Garut berjarak sekitar 9,4 km atau 31 menit perjalanan.

Perjalanan yang ditempuh oleh wisatawan akan melalui jalan Raya Garut - Cikajang dan Jalan Margawati.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya