Top 3: Saham Samsung Melonjak Usai Umumkan Bakal Pangkas Produksi Chip

Berikut tiga artikel terpopuler di saham yang dirangkum pada Minggu, 9 April 2023.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Apr 2023, 15:13 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 07:01 WIB
Ilustrasi Perangkat Samsung
Ilustrasi Perangkat Samsung (Joh Tekeridis on Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Co Ltd mengatakan akan memangkas produksi chip mengikuti jejak saingannya. Hal ini karena perseroan bergulat dengan penurunan tajam permintaan semikonduktor global yang telah membuat harga anjlok.

Dikutip dari BBC, ditulis Sabtu,8 April 2023 pemangkasan produksi tersebut juga setelah Samsung Electronics prediksi penurunan laba operasional triwulanan sebesar 96 persen. Raksasa produsen chip itu mengatakan, penjualan turun tajam karena ekonomi global yang lambat dan permintaan yang berkurang setelah COVID-19.

Samsung mengatakan, angka awal menunjukkan laba operasi turun 600 miliar won atau setara 355 juta pound sterling (atau Rp 6,80 triliun, asumsi kurs 11.346 won terhadap rupiah) pada Januar-Maret 2023. Selain itu, laba tersebut turun dari periode tahun sebelumnya 14 triliun won. Saham Samsung menguat lebih dari 4 persen meski ada keputusan memperlambat pembuatan chip.

Artikel saham Samsung melonjak usai umumkan bakal pangkas produksi chip menyita perhatian di kanal saham Liputan6.com. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di saham? Berikut tiga artikel terpopuler di saham yang dirangkum pada Minggu, (9/4/2023):

1.Saham Samsung Melonjak Usai Umumkan Bakal Pangkas Produksi Chip

Samsung Electronics Co Ltd mengatakan akan memangkas produksi chip mengikuti jejak saingannya. Hal ini karena perseroan bergulat dengan penurunan tajam permintaan semikonduktor global yang telah membuat harga anjlok.

Dikutip dari BBC, ditulis Sabtu (8/4/2023), pemangkasan produksi tersebut juga setelah Samsung Electronics prediksi penurunan laba operasional triwulanan sebesar 96 persen. Raksasa produsen chip itu mengatakan, penjualan turun tajam karena ekonomi global yang lambat dan permintaan yang berkurang setelah COVID-19.

Samsung mengatakan, angka awal menunjukkan laba operasi turun 600 miliar won atau setara 355 juta pound sterling (atau Rp 6,80 triliun, asumsi kurs 11.346 won terhadap rupiah) pada Januar-Maret 2023. Selain itu, laba tersebut turun dari periode tahun sebelumnya 14 triliun won. Saham Samsung menguat lebih dari 4 persen meski ada keputusan memperlambat pembuatan chip.

Berita selengkapnya baca di sini


2.Kolaborasi WIR Asia dan Bahaso Perkuat Ekosistem Pendidikan Digital, Jajaki Metaverse Pertama di Indonesia

Ilustrasi PT WIR Asia Tbk (WIRG) (Dok: PT WIR Asia Tbk)
Ilustrasi PT WIR Asia Tbk (WIRG) (Dok: PT WIR Asia Tbk)

PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan pengembang solusi platform teknologi Business-to-Business-to-Customer (B2B2C) berbasis Software as a Service (SaaS) dengan fitur teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara berkolaborasi dengan Bahaso, perusahaan edutek terkemuka di Indonesia.

Kolaborasi emiten berkode saham WIRG dan Bahaso mengintegrasikan dua ekosistem Metaverse dalam membangun ekosistem pendidikan digital di Indonesia. Penandatanganan kerjasama ini diresmikan oleh Chief of Marketing and Sales WIR Group Gupta Sitorus dan Direktur Utama dan CEO dari Bahaso Allana Abdullah, di kantor pusat WIR Group, di Sequis Tower, Jakarta Selatan.

Mengutip dari keterangan tertulis, dikutip Sabtu (8/4/2023), kolaborasi dua perusahaan anak bangsa ini diharapkan menjadi kolaborasi platform Metaverse pertama di Indonesia yang juga selaras dengan visi dan misi kedua perusahaan yakni memberikan inovasi pengalaman belajar serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Berita selengkapnya baca di sini


3.Emiten Produsen Cat Avia Avian Bidik Penjualan Tumbuh 12 Persen pada 2023

Suasana warehouse PT Avia Avian Tbk (Dok: PT Avia Avian Tbk )
Suasana warehouse PT Avia Avian Tbk (Dok: PT Avia Avian Tbk )

Head of Investor Relations PT Avia Avian Tbk (AVIA), emiten produsen cat di Indonesia, Andreas Timothy Hadikrisno membagikan titik tolak ukur target perusahaan pada 2023. 

“Tolak ukur untuk target kami di 2023 perusahaan mencanangkan untuk peningkatan penjualan dalam hal nilai sebesar 8-12 persen. Kemudian volume sebesar 2-6 persen. Selanjutnya, peningkatan gross profit margin dan ebitda dibandingkan 2022,” kata Andreas dalam webinar Indonesia Investment Education (IIE), Sabtu (8/4/2023).

Andreas menambahkan, jika Avia Avian berhasil untuk meningkatkan penjualan, secara otomatis dalam hal efisiensi dan margin akan dicapai di level yang lebih baik dibanding tahun lalu

“Target 2023 kita juga menargetkan untuk menambah 9 titik didistribusi baru dan 9 titik distribusi kecil pada 2023. Kita juga akan melakukan penambahan produk-produk di produk baru di kategori wall paint hingga waterproofing,” lanjut Andreas  

Berita selengkapnya baca di sini 

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya