Single BTS dan BIGBANG Masuk Daftar Lagu Boy Band Terbaik Versi Billboard

Selain BTS dan BIGBANG, dalam daftar ini ada pula Wanna One, SHINee, hingga EXO.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 24 Apr 2018, 13:20 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2018, 13:20 WIB
BTS atau Bangtan Boys
Selain BTS dan BIGBANG, dalam daftar ini ada pula Wanna One, SHINee, hingga EXO. (Sumber: Instagram/ bts.bighitofficial)

Liputan6.com, Seoul - Bangtan Boys alias BTS kembali disebut-sebut dalam media internasional. Kali ini oleh Billboard, media yang khusus membahas mengenai musik.

Billboard, pada Senin (23/4/2018) mempublikasikan daftar 100 lagu boy band terbaik sepanjang masa. Dalam daftar ini, ada nama-nama besar dalam industri musik mulai dari Backstreet Boys, *NSYNC, hingga The Jackson 5.

Dalam daftar yang dibuat oleh kritikus musik ini, BTS tak muncul sendirian dari jagat K-Pop. Ada sejumlah nama beken lain mulai dari EXO, Wanna One, SHINee, hingga BIGBANG.

Namun, BTS menempati urutan paling tinggi di antara boy band K-Pop lainnya, yakni di posisi ke-16. Selain itu, tak hanya satu, ada dua lagu milik Jin dkk yang masuk dalam daftar ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


DNA dan Blood, Sweat & Tears

[Bintang] Berkat BTS, Nama Brand Elektronik Ini Semakin Meroket
Selain BTS dan BIGBANG, dalam daftar ini ada pula Wanna One, SHINee, hingga EXO. (Foto: Soompi.com)

Lagu BTS yang masuk dalam daftar Billboard di posisi 16, adalah "Blood, Sweat & Tears". Billboard menyebut lagu ini memiliki melodi yang begitu halus dan menjadi titik balik karier BTS.

Sementara "DNA" yang berada di posisi 49, dinilai sebagai lagu yang mudah menempel di telinga. Billboard juga memuji sentuhan siulan dan gitar akustik dalam lagu EDM ini. "DNA" juga disebut berhasil memecah asumsi banyak masyarakat Barat tentang K-Pop.


Fantastic Baby dari BIGBANG

[Bintang] Lagu Flower Road Milik BigBang Kuasai Seluruh Chart Korea
Selain BTS dan BIGBANG, dalam daftar ini ada pula Wanna One, SHINee, hingga EXO. (Foto: Soompi.com)

Dedengkot musik K-Pop, BIGBANG, juga masuk dalam daftar ini di posisi 27 dengan "Fantastic Baby". Lagu hip-hop ini dinilai salah satu lagu yang dengan mudahnya merayu pendengar untuk ikut menyanyikan lirik ā€œI wanna da-da-da-da-danceā€ dan ā€œboom shakalaka".

Tak heran, Billboard bahkan mengatakan "Fantastic Baby" adalah lagu boy band 'paling menginfeksi' yang pernah dirilis.


TVXQ Mirotic

Sejak Konflik di 2009, JYJ dan TVXQ Akhirnya Akan Bertatap Muka
Selain BTS dan BIGBANG, dalam daftar ini ada pula Wanna One, SHINee, hingga EXO. (Soompi)

Nama besar lain dari K-Pop yang masuk dalam daftar ini adalah TVXQ, dengan lagu mereka yang dirilis pada 2009, "Mirotic". Lagu ini, dianggap sebagai contoh yang pas untuk mewakili musik K-Pop dari tahun 2000-an.

Ā 


SHINee hingga Wanna One

Wanna One (Naver/ Wanna One)
Wanna One (Naver/ Wanna One)

Selain nama-nama di atas, ada sejumlah lagu dari boy band K-Pop lain yang masuk dalam daftar ini. Ada Super Junior dengan "It's You" di posisi 44, "Growl" dari EXO di posisi 58, "Energetic" milik Wanna One di urutan ke-62.

SHINee muncul di daftar ini pada nomor 67 dengan "Lucifer", Seventeen dengan "Adore You" pada tempat ke-78, dan "Dynamite" milik VIXX di posisi ke-87.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya