Endeus Festival 2019 jadi Ajang Unjuk Gigi Pelajar SMK PGRI 2 Kudus

Endeus Festival 2019 dibuat oleh Endeus.tv.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2019, 05:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2019, 05:00 WIB
Endeus Festival 2019
SMK PGRI 2 Kudus mengikuti Endeus Festival 2019

Liputan6.com, Jakarta Endeus.tv menyelenggarakan festival kuliner bernama Endeus Festival. Festival ini diselenggarakan oleh selama tiga hari, 25 - 27 Oktober 2019, di Gandaria City, Jakarta Selatan. Kuliner merupakan identitas budaya sebuah bangsa. Selain keindahan pariwasata alam, Indonesia juga dikenal dengan cita rasa kulinernya yang beragam. Dari Sabang sampai Merauke, kenikmatan berbagai macam jenis kuliner nusantara sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. 

Namun, belakangan ini kuliner Indonesia kurang mendapatkan perhatian di negerinya sendiri. Maka dari itu, Kokiku bersama dengan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) berkolaborasi di acara Endeus Festival 2019 untuk membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia terhadap kelezatan kuliner dalam negeri demi melestarikan budaya Indonesia. Di bawah bimbingan ACMI, 10 orang siswa terpilih dari SMK PGRI 2 Kudus akan menyajikan berbagai masakan khas Kudus kepada ribuan pengunjung yang hadir.

"Kami menyambut baik antusiasme dan komitmen SMK PGRI 2 Kudus dan Djarum Foundation. Keterlibatan anak-anak SMK dalam Endeus Festival kali ini memberi daya tarik tersendiri karena termasuk salah satu booth yang mencuri perhatian para pengunjung. Selain itu, sajiannya pun khas selera Nusantara, membawa cita rasa dari Kudus, Jawa Tengah. Sejak tadi pagi sebelum resmi dibuka, sudah banyak orang yang lalu-lalang untuk foto booth yang berbentuk Rumah Kudus. Apalagi memang di sini menyediakan makanan khas Kudus seperti Sate Kerbau, Soto Kudus dan Garang Asem," ujar David Wayne Ika, CEO Endeus.tv dalam keterangannya kepada wartawan.

SMK PGRI 2 Kudus merupakan salah satu dari 16 SMK binaan Djarum Foundation yang berfokus di bidang kuliner. Keikutsertaan SMK PGRI 2 Kudus di festival kuliner ini juga sebagai panggung untuk memperkenalkan Kokiku sebagai teaching factory dari SMK PGRI 2 Kudus. Dimana melalui teaching factory, siswa mampu menghasilkan suatu produk atau jasa berdasarkan pesanan nyata konsumen dengan menggabungkan teori dengan praktik kerja. 

“Lewat Endeus TV kami mewadahi semua generasi di bidang kuliner mulai dari penjual makanan, pegiat makanan bisnis kuliner, brand masak serta chef dari berbagai kategori level. Ini adalah pengalaman berharga yang mungkin tidak didapatkan semua siswa SMK. Di sini mereka harus praktik langsung mulai dari memasak, testing food, persiapan event, sampai melayani dan berkomunikasi dengan pembeli,” tambah David.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penting

Endeus Festival 2019
Jumpa pers Endeus Festival 2019. (foto: dok.gdpventure)

Sementara itu, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma mengatakan sangat penting bagi para siswa sekolah kejuruan untuk berinteraksi langsung dengan dunia industri yang mereka geluti. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari proses interaksi langsung ke pasar.

“Keterlibatan SMK PGRI 2 Kudus di Endeus Festival merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi siswa di bidang kuliner. Mereka dihadapkan langsung dengan pasar dan industri kuliner, yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan keahlian spesifik. Diharapkan ini akan menambah kemampuan dan pengalaman mereka,” ungkap Galuh. 

Tidak hanya menikmati sajiannya, para pengunjung Endeus Festival juga melihat secara langsung proses di balik dapur yang dilakoni oleh para pelajar SMK PGRI 2 Kudus. “Menu yang akan di sajikan adalah menu kuliner khas Kudus seperti Soto Kudus, Sate Kerbau, Garang Asem dan Es Kuwud. Ada juga masakan yang berasal dari resep orisinal yang telah mereka kembangkan sendiri yaitu ayam bumbu rujak,” tutur Galuh.

 

 


Cooking Demo

 

Di hari Minggu (27/10), siswa SMK PGRI 2 Kudus melakukan cooking demo bersama Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) untuk memperkenalkan masakan Indonesia lebih dalam lagi. Pada hari itu, jumlah pengunjung diperkirakan terus naik mengingat puncak acara selama tiga hari ditutup dengan gelaran “Home Chef Competition Final”. Terhitung Jumat, (25/10), sesuai dengan data pengunjung dari pihak penyelenggara Endeus Festival, tercatat lebih dari 1.500 orang yang memadati Endeus Festival. 

Upaya ini dilakukan untuk menunjukan keseriusan Djarum Foundation dalam melestarikan budaya Indonesia lewat cita rasa kuliner nasional yang beragam dengan melahirkan murid SMK yang mampu menjadi tenaga kerja yang handal. Program Teaching Factory Kokiku sendiri merupakan bukti nyata bahwa SMK PGRI 2 Kudus dapat menyiptakan tenaga kerja yang kompeten di kancah nasional maupun internasional.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya