Kiprah 118 Tahun WR Supratman Dipaparkan Melalui Pameran Daring Bertajuk Melodi Bangsaku

Pameran Melodi Bangsaku menyajikan informasi mengenai sepak terjang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, W.R. Supratman

oleh Hernowo Anggie diperbarui 19 Agu 2021, 19:14 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 13:22 WIB
Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)
Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Wage Rudolf Supratman atau dikenal sebagai WR Supratman memiliki andil besar dalam perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia. Berkat dirinya, Indonesia merasakan gegap gempita kemerdekaan sekaligus semangat nasionalisme yang terus menyala.

Lagu "Indonesia Raya" yang diciptakan WR Supratman bukan cuma menjadi lagu wajib nasional. Lebih dari itu, lagu tersebut menjadi identitas yang tak bisa dipisahkan dari Indonesia. Lagu tersebut senantiasa terawat oleh jiwa patriotik dan nasionalisme pada generasi masa kini dan akan datang.

Hal itulah yang disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid, Ph.D. dalam sambutannya kala membuka Pameran Daring 118 Tahun W.R. Supratman dengan tema Melodi Bangsaku, Kamis (19/8/2021).

 

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momentum HUT ke-76 RI

Menilik Sejarah Indonesia di Museum Sumpah Pemuda
Sejumlah pelajar melihat biola milik WR. Supratman saat menciptakan lagu Indonesia Raya yang juga dikumandangkan saat kongres Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (29/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Berbicara mengenai Wage Rudolf Supratman atau W.R. Supratman rasanya tepat dan sesuai dengan momentum Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia kali ini yang mengusung tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," kata Hilmar Farid

 

 

 

 

 


Sosok Tangguh

Hari Musik Nasional ditetapkan tanggal 9 Maret sesuai dengan hari kelahiran WR Supratman © Voice
Hari Musik Nasional ditetapkan tanggal 9 Maret sesuai dengan hari kelahiran WR Supratman © Voice

Hilmar Farid menambahkan, dari W.R Supratman kita belajar bahwa berjuang untuk Indonesia, tak harus angkat senjata, tetapi bisa dengan kompetensi masing-masing. "W.R Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme," dia menambahkan.

 

 

 

 

 


118 Tahun WR Supratman

Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)
Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)

Karena itu, untuk kembali mengingatkan generasi muda mengenai kiprah WR Supratman, Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menggelar Pameran Daring 118 Tahun W.R Supratman dengan tema Melodi Bangsaku.

"Kegiatan pameran daring ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia," Hilmar Farid menjelaskan.

 


Berlangsung 19 Agustus Hingga 24 September 2021

Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)
Pameran Daring Melodi Bangsaku (ist)

Pameran daring Melodi Bangsaku berlangsung mulai tanggal 19 Agustus sampai 24 September 2021. Pembukaan pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB.

Sementara, acara rangkaian pembukaan pameran ini dimeriahkan penampilan kesenian musik dan tari oleh Voice Corner Vocal Group Madiun, Color Guard Jawa Timur, Goong Prada Management, BTM Dance Crew, serta penampilan teatrikalKongres Pemuda oleh Cinemaxxi Teater Surabaya.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya