Aminah Cendrakasih Mak Nyak Si Doel Ikhlas Hadapi Kebutaan dan Lumpuh: Saya Sakit Baru Sebentar, Sehat Sudah Berapa Puluh Tahun

Jenazah Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak Si Doel sudah dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta, pada Kamis (22/12/2022).

oleh Hernowo Anggie diperbarui 22 Des 2022, 11:50 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 11:49 WIB
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @komunitas_kpfij)
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @komunitas_kpfij)

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak Si Doel sudah dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022. Sebelum diturunkan ke liang lahad, keluarga memberikan kesaksian mengenai sosok yang meninggal dunia dalam usia 84 tahun.

Karier keartisan Aminah Cendrakasih terhenti usai dirinya dinyatakan terkena glukoma. Selama sekitar 12 tahun, pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, terbaring karena efek penyakit glukoma yang menyebabkan ia buta dan lumpuh. 

Berdasarkan kesaksian keluarga di tempat pembaringan terakhir, Aminah Cendrakasih sama sekali tak pernah mengeluhkan penyakit yang dideritanya. Ia menerima takdir Illahi dengan menjalani penyakitnya semasa hidup.

"Almarhumah selama hidupnya, saat sakit, tidak pernah mengeluh," kata perwakilan keluarga sembari terisak mengetahui Aminah Cendrakasih meninggal dunia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Pernah Mengeluh

[Bintang] Eksklusif Aminah Cendrakasih
Menurut penuturan anak keenam, awalnya tahun 2007, terjatuh dikamar mandi. Dengkulnya geser dan tulang iga retak. Setelah sehat, Aminah kembali jatuh di kamar mandi. Setelah itu, Mak Nyak penglihatannya juga mulai bermasalah. (Adrian Putra/Bintang.com)

Bentuk keikhlasan diperlihatkan Aminah Cendrakasih selama menjalani penyakitnya dengan ucapan-ucapan yang baik. Selama 12 tahun terbaring sakit, ia nyaris tak pernah mengeluh.

Keluarga selalu ingat pesan Aminah Cendrakasih saat melalui hari-harinya dengan terbaring di kamar. "Kalau kita datang ke rumah, beliau akan senyum. Dia bilang, saya sakit baru sebentar, saya sehat sudah berapa puluh tahun," kata perwakilan keluarga menirukan perkataannya.

 

 


Tinggalkan 7 Anak, 18 Cucu dan 8 Cicit

[Fimela] Aminah Cendrakasih
[Foto: dok. Adrian Putra/Fimela.com]

Aminah Cendrakasih tutup usia dengan meninggalkan 7 anak, 18 cucu, dan 8 cicit. Selama sakit dan tak lagi aktif berkesenian, keluarga menemani Aminah Cendrakasih menjalani hari-harinya di rumah.

"Alhamdulillah keluarga berbahagia, karena selama sakitnya semua anggota keluarga benar-benar menjaga almarhumah," perwakilan keluarga Aminah Cendrakasih menyambung.

 


Tak Bisa Melihat dan Sulit Berjalan

jenazah Aminah Cendrakasih dimakamkan di TPU Karet Bivak (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)
jenazah Aminah Cendrakasih dimakamkan di TPU Karet Bivak (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Diberitakan sebelumnya, salah satu cucu Aminah Cendrakasih, Vina, menjelaskan, neneknya hanya bisa beraktivitas di tempat tidur selama lebih dari 10 tahun. Sakitnya dimulai dari kesulitan berjalan.

"Selama 10 tahun lebih nenek sakit berbaring, makan di kasur semuanya. Jadi kondisi nenek kan bertahap dari kurang lancar jalan," kata Vina dikutip dari Intens Investigasi, Kamis (22/12/2022).

Setelahnya, indera penglihatannya pun tak berfungsi. "Kaki tidak bisa digerakkan, kehilangan penglihatan, berakhir dengan aktivitas hanya di tempat tidur," paparnya.

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya