Viral Artis Hingga Selebgram Pamer Avatar AI di Instagram, Netizen Penasaran Cara Bikinnya

Sejumlah artis papan atas mengunggah potret avatar AI di akun Instagram terverifikasi dari Wulan Guritno hingga Dian Sastrowardoyo. Netizen penasaran.

oleh Wayan Diananto diperbarui 11 Mar 2023, 19:50 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2023, 16:40 WIB
Avatar AI ala Dian Sastrowardoyo. (Foto: Dok. Instagram @therealdisastr)
Avatar AI ala Dian Sastrowardoyo. (Foto: Dok. Instagram @therealdisastr)

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini sejumlah artis dan selebgram mengunggah potret wajah mereka dengan corak animasi yang bikin gemas di etalase akun Instagram pribadi mereka. Ini disebut avatar AI.

Mereka yang mengunggah avatar AI antara lain Wulan Guritno, Ariel NOAH, hingga Dian Sastrowardoyo. Netizen jadi penasaran bagaimana cara membuat avatar AI yang viral ini.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat avatar AI seperti para artis yakni Rupa.AI. Berbeda dengan editing foto atau filter pada umumnya, teknologi yang dipakai Rupa.AI adalah generative AI.  

Secara sederhana, generative AI yakni teknologi menciptakan gambar baru dari data yang ada. Generative AI menghasilkan gambar unik dan artistik, sehingga foto profil Anda tak terlihat seperti orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jawaban Atas Rasa Penasaran

Avatar AI ala Wulan Guritno. (Foto: Dok. Instagram @wulanguritno)
Avatar AI ala Wulan Guritno. (Foto: Dok. Instagram @wulanguritno)

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Sabtu (11/3/2023), salah satu Tim Pengembang Rupa.AI, Rifqi, menjelaskan soal Rupa.AI sebagai jawaban atas rasa penasaran netizen yang ingin membuat avatar AI.

“Rupa.AI adalah startup di bawah naungan Hivemind Digital, agensi yang sudah berdiri sejak 2015. Visinya membuat produk berbasis AI dengan pengalaman unik yang bisa dinikmati kalangan kreatif dan kreator digital,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Rupa.AI Profile Makeover

Foto ilustrasi avatar AI. (Foto: Dok. Tim Rupa AI)
Foto ilustrasi avatar AI. (Foto: Dok. Tim Rupa AI)

Rupa.AI Profile Makeover adalah produk pertama dan ke depan pihaknya akan merilis lebih banyak produk AI untuk membantu para kreator konten digital menjadi lebih kreatif di medsos.

“Rupa.AI Profile Makeover adalah salah satu produk perdana kami yang baru diluncurkan. Semoga memberi nilai tambah bagi pengguna dan membuat mereka lebih puas dengan penampilan mereka,” ujar Rifqi.


4 Tips Bikin Foto Profil

Foto ilustrasi avatar AI selebgram Gata Aditya. (Foto: Dok Tim Rupa AI)
Foto ilustrasi avatar AI selebgram Gata Aditya. (Foto: Dok Tim Rupa AI)

Setelahnya, Rifqi dan tim Rupa.AI berbagi kiat membuat foto profil agar lebih menarik. Pertama, pilih latar yang menarik. Latar belakang foto profil bisa membuat perbedaan besar terkait kesan yang ditimbulkan. Hindari latar yang terlalu sibuk atau berwarna-warni.

Kedua, berpose alami. Hindari pose atau ekspresi yang maksa. Ketiga, pilih pencahayaan yang tepat baik alami atau pakai lampu sorot jika Anda di dalam ruangan. Antisipasi pula kemungkinan bayangan yang “jatuh” ke wajah Anda. Terakhir, gunakan filter atau efek yang pas.

Infografis Kontroversi YouTuber dan Selebgram di Indonesia
Infografis Kontroversi YouTuber dan Selebgram di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya