Andien dan Putri Ariani Meriahkan Gelar Batik Nusantara 2023, Terbuka Untuk Umum

Andien dan Putri Ariani akan tampil dengan penampilan istimewa dalam acara GBN tahun ini.

oleh Aditia Saputra diperbarui 28 Jul 2023, 11:34 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2023, 05:00 WIB
Andien
Bagi Andien, ini adalah tahun keduanya bersama Breitling. Pilihan jam tangan favoritnya adalah Chronomay yang membuatnya jatuh cinta terhadap brand ini. [Foto: Breitling]

Liputan6.com, Jakarta Andien Aisyah dan Putri Ariani akan menjadi bintang tamu istimewa yang memeriahkan acara Gelar Batik Nusantara (GBN 2023) yang akan digelar oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) pada 2-6 Agustus 2023 mendatang di Senayan Park (SPARK), Jakarta.

Acara GBN 2023 akan menjadi acara terbuka untuk umum dan diharapkan akan dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap misi YBI.

Diana Santosa, selaku ketua pelaksana GBN 2023, menyampaikan bahwa gelaran tahun ini mengusung tema "Batik Bangkit" yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kembali UMKM batik yang sempat terhenti akibat pandemi.

"Kami memiliki semangat batik dan mendukung para pengrajin batik. Dengan pameran ini, kami berharap dapat memberdayakan pengrajin batik dari seluruh Indonesia. Tema 'Batik Bangkit' dipilih karena kami ingin bersama-sama bangkit setelah 3 tahun masa sulit akibat pandemi," kata Diana Santosa dalam jumpa pers di SPARK, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

 


Inovasi

Jumpa pers Gelar Batik Nusantara (GBN 2023)
Jumpa pers Gelar Batik Nusantara (GBN 2023)

Diana berharap bahwa melalui pameran ini, sektor batik akan kembali bangkit melalui inovasi dan perkembangannya sehingga batik Indonesia bisa semakin berjaya di kancah internasional.

Salah satu sorotan dalam acara GBN 2023 adalah keindahan motif dan kualitas batik tulis Complongan Indramayu yang telah mendapatkan pengakuan sebagai Indikasi Geografis. Batik ini menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik Indramayu yang memiliki ciri khas tersendiri.

 


UMKM

Jumpa pers Gelar Batik Nusantara (GBN 2023)
Jumpa pers Gelar Batik Nusantara (GBN 2023)

Selama lima hari, acara ini akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM batik dari seluruh Indonesia dan juga kuliner Nusantara yang akan menambah semarak acara.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan menyajikan kegiatan talk show tentang batik, kompetisi batik, dan fashion show. Ditambah lagi, Andien Aisyah dan Putri Ariani akan tampil dengan penampilan istimewa dalam acara GBN tahun ini.

"Andien Aisyah dan Putri Ariani juga akan tampil dalam GBN tahun ini," pungkas Diana Santosa.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya