Mira Lesmana dan Riri Riza Menjabat Showrunner di Serial Hubungi Agen Gue!, Apa Saja Tugasnya?

Mira Lesmana dan Riri Riza menjabat showrunner dalam serial Hubungi Agen Gue, sebanyak 6 episode yang tayang di platform streaming mulai Juli 2023.

oleh Wayan Diananto diperbarui 28 Jul 2023, 12:14 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2023, 12:14 WIB
Mira Lesmana dan Riri Riza
Mira Lesmana dan Riri Riza menjabat showrunner dalam serial Hubungi Agen Gue, sebanyak 6 episode yang tayang di platform streaming mulai Juli 2023. (Foto: Dok. Instagram @mirles)

Liputan6.com, Jakarta Mira Lesmana dan Riri Riza menjabat showrunner dalam serial Hubungi Agen Gue!, sebanyak 6 episode yang tayang di platform streaming Disney+ Hotstar mulai Juli 2023.

Kata showrunner yang melekat pada Mira Lesmana dan Riri Riza dalam proyek ini masih belum familier bagi masyarakat Indonesia. Produser film Petualangan Sherina lantas menjelaskan.

Showrunner dalam industri layar kaca dan film, merujuk pada istilah Executive Producer alias EP. EP di sebuah serial terdiri dua. Pertama, bertugas mengurus finansial selama proses produksi berlangsung.

Kedua, ada yang benar-benar terlibat dalam proses kreatif dari penulisan naskah, penentuan konfigurasi pemain, syuting, sampai selesai. Itulah yang disebut showrunner. Begitu pula dalam proses produksi Hubungi Agen Gue!.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Showrunner Jauh Lebih Involve

Poster serial Hubungi Agen Gue! (Foto: Dok. Instagram @mirles)
Poster serial Hubungi Agen Gue! (Foto: Dok. Instagram @mirles)

Showrunner itu jauh lebih involve di penulisan. Kita harus memastikan penulisan itu benar-benar bisa tuntas dan harus tahu persis apa yang terjadi setiap harinya,” kata Mira Lesmana kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Misalnya saat sutradara ingin mengubah atau mengembangkan karakter di lokasi syuting, ia harus konsultasi dulu dengan showrunner. Bahkan, showrunner juga mesti mengawal proses editing setelah syuting.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tahu Tiap Shot

Mira Lesmana. (Foto: Dok. Instagram @mirles)
Mira Lesmana. (Foto: Dok. Instagram @mirles)

“Seorang showrunner harus tahu setiap shot-nya sehingga saat di editing, dia juga yang sebenarnya memutuskan at the end. Very, very detail (pekerjaannya) tapi aku suka banget. It’s a lot of fun. Cuma memang panjang, dibutuhkan stamina yang tinggi,” ia menyambung.

Dalam 6 episode Hubungi Agen Gue!, Mira Lesmana dan Riri Riza terlibat dalam proses penulisan naskah, menentukan para bintang, hingga ikut pelatihan dengan para aktor sebelum syuting. Sedetail itu.

 


Kata Akhir

Mira Lesmana. (Foto: Instagram @mirles)
Mira Lesmana. (Foto: Instagram @mirles)

Absolutely, justru sebenarnya kata akhir (terkait pemilihan aktor dan aktris) ada di showrunner. Tapi, kita juga dapat masukan dari sutradara,” Mira Lemana memaparkan.

Tidak menutup kemungkinan, dalam sebuah serial seperti Hubungi Agen Gue!, sutradaranya beda-beda di tiap episode. Semua kebijakan tersebut lagi-lagi berada di tangan showrunner.

“Sehingga yang memegang seluruh kendali memang showrunner. Cuma karena di Indonesia ini masih sesuatu yang baru, kami merasa bahwa kayaknya lebih appropriate paling enggak untuk season pertama, kita pakai satu sutradara saja,” pungkas penulis lagu “Ekspresi.”

 

 

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya