Selain Putri Ariani Dua Finalis America's Got Talent 2023 Ini Juga Difabel, Salah Satunya Dapat Golden Buzzer

Seperti Putri Ariani, salah satu finalis America's Got Talent 2023 juga merupakan penyandang tunanetra dan peraih Golden Buzzer.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 26 Sep 2023, 13:26 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2023, 13:26 WIB
Putri Ariani di America's Got Talent 2023
Seperti Putri Ariani, salah satu finalis America's Got Talent 2023 juga merupakan penyandang tunanetra dan peraih Golden Buzzer. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta Saat Putri Ariani manggung pertama kali di America’s Got Talent 2023 (AGT 2023), hal yang mungkin pertama kali diperhatikan penonton adalah fakta bahwa ia adalah seorang penyandang tunanetra. Namun begitu ia duduk di depan piano dan melantunkan lagu “Loneliness” hadirin dan juga dewan juri terhenyak dengan kemampuan vokalnya.

Kemampuannya bahkan membuat Putri mendapat Golden Buzzer dari juri yang dikenal dengan komentar pedasnya: Simon Cowell.

Belakangan, saat diwawancara oleh media internasional, Putri mengaku awalnya kondisi fisiknya selalu menjadi hal yang menempel pada dirinya. Namun kini, banyak yang mengenalnya sebagai seorang musisi ketimbang penyandang disabilitas.

“Aku merasa sudah tak ada batas lagi antara diriku dengan orang-orang. AGT mendobrak batas itu," terang Putri Ariani dalam bahasa Inggris, mengutip kanal YouTube The Buzz

Putri Ariani tak sendirian di babak final AGT 2023. Ada dua finalis lain yang merupakan difabel, tapi mampu tampil bersinar hingga menembus babak terakhir di ajang pencarian bakat ini.

Salah satunya adalah Lavender Darcangelo yang juga meraih Golden Buzzer dalam babak audisi. 


Lavender Darcangelo

Finalis AGT 2023: Lavender Darcangelo (Foto: Twitter/ agt)
Finalis AGT 2023: Lavender Darcangelo (Foto: Twitter/ agt)

Dilansir dari NBC, Lavender Darcangelo adalah seorang penyanyi bersuara emas tunanetra dan merupakan seorang penyandang autisme. Di panggung, ia juga membuat hati para hadirin hangat, dengan hubungan manisnya dengan sang ayah yang telah mengadopsinya.

Di babak audisi, Heidi Klum memberikan Golden Buzzer kepadanya.

“Saat tumber besar, orang sering meminggirkanku karena kondisi disabilitasku. Golden Buzzer membuatku merasa bahwa dunia sedang memandangku, dan ini sungguh emosional bagiku,” kata dia.


Ahren Belisle

Finalis AGT 2023: Ahren Belisle (Foto: Twitter/ agt)
Finalis AGT 2023: Ahren Belisle (Foto: Twitter/ agt)

Selain Lavender, ada pula Ahren Belisle. Ia adalah seorang komika yang mengalami cerebral palsy, dan mengungkap jokes kepada hadirin dengan bantuan aplikasi pengubah teks menjadi suara.

Ia kerap kali mencetuskan dark jokes, menceritakan kondisi yang dialaminya sebagai sebuah lawakan. “Aku tahu banyak yang mikir, siapa nih yang order Stephen Hawking di Wish.com. Mungkin dia lebih pintar dari aku, tapi aku bisa ngalahin dia lomba lari…kecuali kalau lombanya di turunan,” begitu salah satu materi lawakan Ahren yang bikin banyak orang tercengang.

Ahren sendiri merasa AGT membuat banyak orang menilai dirinya atas kemampuannya. “Orang banyak menegurku di jalan dan mengatakan aku hebat,” kata dia.


Final 27 September 2023 Pagi Waktu Indonesia

Final America’s Got Talent 2023 sendiri akan digelar pada 26 September malam waktu setempat, atau 27 September pagi waktu Indonesia. Sehari setelahnya, digelar result show yang mengumumkan pemenang ajang ini.

Beberapa waktu lalu, Simon Cowell menyatakan putri Ariani akan tampil duet bersama seseorang yang dikaguminya di result show.

Infografis Larangan Aplikasi TikTok di 10 Negara Plus Uni Eropa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Larangan Aplikasi TikTok di 10 Negara Plus Uni Eropa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya