Permohonan Asesmen Rehabilitasi Ammar Zoni Belum Dilaksanakan, Jaksa Ungkap Alasannya

Soal rehabilitasi Ammar Zoni yang belum dilaksanakan, Jaksa Penuntut Umum mengungkap ada aturan yang mengatur hal ini.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 17 Jul 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 12:30 WIB
Ammar Zoni brewokan [Kapanlagi/Bayu Herdianto]
Soal rehabilitasi Ammar Zoni yang belum dilaksanakan, Jaksa Penuntut Umum mengungkap ada aturan yang mengatur hal ini. [Kapanlagi/Bayu Herdianto]

Liputan6.com, Jakarta Ammar Zoni masih menanti permohonan asesmen yang tak kunjung dilaksanakan, meskipun majelis hakim sudah mengabulkan. Karena itu, pihak Ammar Zoni mendorong Jaksa Penuntut Umum (JPU), untuk segera melaksanakan penetapan itu.

Khareza Mokhamad Thayzar, salah satu anggota JPU, buka suara perihal permohonan asemen rehabilitasi kakak Aditya Zoni yang belum dilaksanakan. Sementara ini pihaknya masih menunggu petunjuk pimpinan terkait pelaksanaannya.

"Jadi Ammar Zoni melalui penasihat hukum sudah meminta dan dikabulkan hakim. Penetapan itu baru kami terima pada sidang kemarin tanggal 9," ujar Reza di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/7/2024).

"Sehubungan dengan ditemukan fakta bahwa dia termasuk dalam peredaran gelap narkotika, dan barang buktinya lebih dari aturan melakukan asesmen terpadu," Reza menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan Asesmen Terpadu

Ammar Zoni. (Liputan6.com/ M Alraf Jauhar)
Ammar Zoni. (Liputan6.com/ M Alraf Jauhar)

Reza menjelaskan, berdasarkan peraturan Mahkamah Agung, peraturan kejaksaan atau persema Menteri Hukum & HAM, Jaksa Agung dan Kapolri, asesmen terpadu dilakukan kepada mereka yang kedapatan barang bukti sabu di bawah 1 gram.

"Jadi diatur jumlah barang bukti ini, mana yang bisa direhabilitasi, mana yang bisa diasesmen, mana yang tidak. Nah ini kan tidak bisa dengan fakta-fakta yang ada. Makanya penetapan itu kami memohon petunjuk kepada pimpinan, bagaimana terkait pelaksanaannya," jelasnya.


Soal Dugaan Ammar Zoni Terlibat Peredaran Narkoba

Ammar Zoni brewokan [Kapanlagi/Bayu Herdianto]
Ammar Zoni brewokan [Kapanlagi/Bayu Herdianto]

Reza mengatakan, JPU siap mengantar bila pimpinan berpendapat Ammar Zoni harus menjalani asesmen rehabilitasi. Namun pihaknya juga sudah melaporkan fakta persidangan, terkait dugaan Ammar yang terlibat dalam peredaran narkotika.

"Yang berwenang menolak nanti asesmen terpadu, di situ ada jaksanya juga. Yang pasti semua sudah kami laporkan fakta sidangnya. Tinggal penilaian nanti dari tim asesmen terpadu. Kami menunggu petunjuk dari pimpinan, untuk meneruskan surat tersebut kepada ketua tim asesmen terpadu," kata Reza.


Ammar Zoni Dituntut 12 Tahun Penjara

Terkait kasus penyalahgunaan narkotika, Ammar Zoni dituntut 12 tahun dan denda Rp2 miliar, subsider 6 bulan penjara. Sementara Akri, rekan Amma yang juga terjerat kasus ini, dituntut 10 tahun.

"Jadi untuk terdakwa Akri sidang ditunda dua minggu untuk putusan. Sementara Ammar Zoni (sidang selanjutnya) agendanya pledoi atau keberatan atas tuntutan," ucap Reza.

Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya