Limp Bizkit dan Fred Durst Berseteru dengan Label Musik Raksasa hingga Libatkan Uang Senilai 3 Triliun Rupiah

Gugatan yang dilayangkan oleh Fred Durst dan Limp Bizkit kepada pihak Universal Music Group adalah sebesar US$200 juta atau setara dengan Rp3 triliun.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 16 Okt 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 17:30 WIB
Fred Durst Limp Bizkit
Fred Durst vokalis band Limp Bizkit. (Instgagram @freddurst)

Liputan6.com, Jakarta Limp Bizkit tengah dilanda perseteruan panas dengan pihak label musik raksasa yang selama ini menaungi mereka, Universal Music Group. Fred Durst selaku vokalis band Limp Bizkit sekaligus perwakilannya, diketahui telah menggugat pihak label.

Melansir Loudwire, Senin (14/10/2024), gugatan yang dilayangkan oleh Fred Durst dan Limp Bizkit kepada Universal Music Group (UMG) adalah sebesar US$200 juta atau setara dengan Rp3 triliun. Gugatan tersebut telah dikirimkan kepada pihak Pengadilan Federal Los Angeles.

Alasan Limp Bizkit melayangkan gugatan yang telah disampaikan pada pekan lalu, terbilang krusial. Rupanya selama ini mereka sama sekali belum menerima royalti selama bertahun-tahun berada di bawah label rekaman raksasa itu.

Menurut Fred Durst dan Limp Bizkit, mereka menuding UMG sengaja menahan bayaran royalti terhadap mereka dengan menerapkan sistem yang membuat sejumlah artis terkait seperti Limp Bizkit, kesulitan dalam menerima penghasilan termasuk royalti.

Tudingan Serius Fred Durst

Limp Bizkit
Limp Bizkit (Surya Hadiansyah/Liputan6.com)

Tak sampai di situ, Fred Durst juga menuding pihak label tersebut selama ini menyembunyikan royalti yang seharusnya dibayarkan kepada Limp Bizkit.

Dijelaskan oleh Fred Durst bahwa Limp Bizkit awalnya menandatangani kontrak untuk rekaman konvensional. Lalu, pihak label akan mengembalikan biaya produksi sebelum memberikan royalti.

Meskipun begitu, pihak UMG menyatakan bahwa selama melakukan proses produksi musik, Limp Bizkit menghabiskan dana sebesar US$43 juta.

 

 

Tak Sebanding

Limp Bizkit
Limp Bizkit. (YouTube limpbizkit)

Alhasil, pihak label UMG pun menganggap cara Limp Bizkit dalam memproduksi musik masih tak sebanding bagi mereka untuk memberikan royalti.

Tuntutan Fred Durst dan Limp Bizkit soal ganti rugi terkait royalti bukanlah satu-satunya aksi yang tengah digencarkan oleh band.

Rupanya, Fred Durst dan kawan-kawan sedang berusaha membatalkan kontrak dengan pihak UMG. Dari situ, Limp Bizkit rencananya akan meminta hak cipta agar karya-karyanya kembali ke tangan mereka.

 

Tujuan Tuntutan

Alhasil, dari tuntutan-tuntutan tersebut, Limp Bizkit berharap bisa mengakhiri hubungan dengan label rekaman raksasa yang sudah lebih dari dua dekade menaungi mereka itu. Sehingga, Limp Bizkit bisa memulihkan kendali mereka atas karya musiknya sendiri.

Terdiri dari Fred Durst (vokal), John Otto (drum), Sam Rivers (bass), Wes Borland (gitar), dan DJ Lethal (turntable), Limp Bizkit terbentuk sejak 1994. Debut mereka dimulai dengan album Three Dollar Bill, Y'all yang rilis pada 1997.

Namun, kesuksesan diraih setelah mereka merilis album kedua dan ketiga yang berjudul Significant Other (1999) dan Chocolate Starfish and the Hot Dog Flavored Water (2000). Lagu-lagu top band ini antara lain adalah "Take a Look Around", "Rollin' (Air Raid Vehicle)", "My Generation", "My Way", dan "Eat You Alive".

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya