[VIDEO] Kenangan Sahabat Terhadap Kris Biantoro

Banyak sahabat sesama artis mengenang sosok Kris Biantoro sebagai seniman yang sangat nasionalis atau berjiwa patriot.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Agu 2013, 13:45 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2013, 13:45 WIB
ahabat-krisbiantoro-130814b.jpg
Kepergian artis senior serba bisa Kris Biantoro mengejutkan banyak kalangan. Terutama rekan maupun para sahabat lelaki bernama lengkap Christoporus Soebiantoro yang tutup usia pada umur 75 tahun di Jakarta, Selasa (13/8/2013) sekitar pukul 13.30 WIB [baca: Innalillahi... Kris Biantoro Meninggal Dunia].

Banyak sahabat sesama artis mengenang sosok Kris Biantoro sebagai seniman yang sangat nasionalis atau berjiwa patriot. Terlebih, semasa muda tepatnya saat Kris Biantoro duduk di bangku kuliah Universitas Atmajaya, bersama rekan-rekannya dengan sukarela dikirim ke Irian Barat.

Itulah awal Kris mejadi relawan selama enam bulan, dalam pembebasan Irian Barat atau operasi Trikora, hingga mendapat gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan. Kecintaannya di dunia seni juga dibarengi dengan kecintaannya terhadap Tanah Air dan bangsa, hingga salam yang diucapkan selalu `Merdeka.`

Pelantun Di Wajahmu Kulihat Bulan ini dikenal pula sebagai kolektor barang-barang yang terkait dengan pejuang kemerdekaan. Semisal kostum pejuang dan jip tentara.

Dan, banyak profesi yang ia sandang di antaranya aktor, penyanyi, pencipta lagu, komedian, MC atau master of ceremony, dan presenter kuis. Tak mengherankan, bila Kris Biantoro mempunyai banyak sahabat sesama artis, bahkan lintas generasi.

Satu di antaranya Titiek Puspa. Ia merupakan salah satu sahabat mendiang Kris Biantoro yang sudah berkawan sejak lama. Pernah hidup dalam penjajahan, dan berjuang bersama di pentas musik, Titiek jadi kenal betul sifat, watak dan juga impian Kris. Maka wajar bila Titiek sangat kehilangan Kris saat sang sahabat meninggal dunia.

"Semoga diberikan damai sejahtera di sana. Maafkan kakakmu, mohon maaf, cium cinta dari Titiek Puspa. Saya sudah panjang umur. Tapi Sebentar lagi, nanti kita ketemu di sana," kata Titiek di rumah duka, Jalan Bromo K-8, Kompleks Bukit Permai, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (13/8/2013) [baca: Titiek Puspa: Sebentar Lagi Kita Bertemu di Sana, Kris...].

Kenangan baik terhadap Kris Biantoro juga diutarakan komedian Indro `Warkop`. "Seniman serba bisa dan seniman yang mengawali keserbabisaan untuk dicontohkan ke junior-juniornya," tutur Indro `Warkop` saat melayat ke rumah duka Jalan Bromo K-8, Kompleks Bukit Permai, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (13/8/2013) malam.

Indro juga menuturkan bahwa Kris merupakan salahsatu senior stand-up comedy di Indonesia. "Kita sekarang lagi ramai-ramainya stand-up comedy. Orang nggak ada yang tahu, kalau beliau memulai stand-up comedy duluan. Walaupun bisa dibilang bukan yang pertama, tapi dia seniornya stand-up," ujar Indro [baca: Indro Warkop: Kris Biantoro Tokoh Senior Stand-Up Comedy].

Ya, sosok Kris Biantoro yang berjiwa patriot dan teladan bagi artis lainnya memang akan terus dikenang para sahabat maupun banyak kalangan.(HaloSelebriti/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya