ASDP Ketapang Banyuwangi Siapkan 48 Kapal Sambut MotoGP Mandalika 2022

Jelang MotoGP 2022 di Mandalika, PT ASDP Ketapang Banyuwangi menyiapkan sekitar 48 armada kapal karena diperkirakan akan ada lonjakan penumpang menuju Pelabuhan Lembar Lombok.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 01 Feb 2022, 05:09 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2022, 05:09 WIB
Aktivitasdi Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Sejumlah Kendaraan Masuk Ke dalam Kapal  Untuk Meneybrang ke Pelabuah Lembar Lombok (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Aktivitasdi Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Sejumlah Kendaraan Masuk Ke dalam Kapal Untuk Meneybrang ke Pelabuah Lembar Lombok (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, melakukan sejumlah persiapan menjelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, pada Maret mendatang.

Armada kapal yang melayani rute penyeberangan Ketapang-Lembar Lombok bakal ditambah. Tidak hanya itu, kapal- kapal itu saat ini mulai dilakukan perawatan. Hal ini sebagai bentuk pelayanan dan mengantisipasi terjadinya peningkatan  penumpang menuju Lombok.

"Kita menyiapkan 48 armada kapal di Pelabuhan Ketapang. Kapal- kapal itu, saat ini dalam proses perawatan dan ada yang sudah rampung., Dari jumlah itu hanya satu armada kapal yang tidak bisa digunakan karena perbaikan lama,”ujar Manager Usaha PT ASDP Ketapang Banyuwangi Marsadik, Senin (31/1/2022)

Puluhan aramada kapal yang disiapan tersebut, dirasa sangat mencukupi untuk mengangkut penumpang tujuan Pelabuhan Lembar Lombok, maupun tujuan Pelabuhan Gilimanuk Bali. Sebab diperkirakan masyarakat yang hendak menyaksikan MotoGP melalui darat akan terpecah. Ada yang menggunakan penyebrangan langsung ke Lombok ada juga yang melalui Bali.

"Puluhan kapal yang kita siapkan ini kami perkirakan sangat mencukupi, untuk mengatasi adanya lonjakan penumpang nantinya. Karena kami perkirkan penumpang yang hendak menuju ke Mandalika melalui jalur darat terbagi jadi dua. Ada yang lewat Bali secara otomatis akan menyebrang ke Gilimanuk dulu, ada juga yang memilih langsung ke Lombok," tambah marsadik

Selain armada kapal, persiapan sarana dan prasarana lainya juga Suda siap. Diantaranya, dermaga MB Ponton, dan area parkir dan loket masuk ke Pelabuhan. Kata Marsadik, 6 dermaga MB ponton saat ini sudah berfungsi dengan baik, begitu juga dengan area parkir.

“Untuk dermaga semuanya sudah berfungsi dengan baik tidak ada masalah. Sedangkan untuk area parkir selain didalam Pelabuhan ASDP juga menyiapakn parkir cadangan di Kawasan Pelabuhan Ketapang. Sehingga nantinya jika terjadi antrean panjang tidak sampai menggagu jalan raya Situbondo,”papar Marsadik

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penumpang Meningkat

Aktivitasdi Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Sejumlah Kendaraan Masuk Ke dalam Kapal  Untuk Meneybrang ke Pelabuah Lembar Lombok (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Aktivitasdi Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Sejumlah Kendaraan Masuk Ke dalam Kapal Untuk Meneybrang ke Pelabuah Lembar Lombok (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

ketua DPD Gabungan Pengusaha  Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Jawa Timur Sunaryo mengatakan, mendekati even MotoGP diperkirkan terjadi peningkatan penumpang kapal. Sehingga bisa dipastikan trip kapal akan ditambah menjadi 4 kali pemberangkatan dari ke dua Pelabuhan.

"Untuk saat ini dalam sehari ada tiga unit kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Lembar. Masing -masing kapal kapasitasnya 35-40 unit kendaraan campuran dan 500-600 orang pejalan kaki. Sehingga nantinya ini akan kita tambah tripnya, agar tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan,”kata Sunaryo

Untuk waktu tempuh perjalanan kapal selama 12 jam dan waktu sandar kapal selama 8 jam di Pelabuhan untuk bongkar muat. Sehingga untuk menyambut event MotoGP seluruh aramada kapal telah dilakukan perbaikan.

“Perbaikan ini tujuanya , agar para penumpang  yang datang  dari seluruh Indonesia dan dari berbagai negara itu terkesan  dan merasa  nyaman dengan armada yang mereka tumpangi," ujar Sunaryo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya