Wilayah Terdampak Banjir dan Longsor di Trenggalek Bertambah Jadi 8 Kecamatan

Kerusakan rumah warga itu mayoritas terjadi pada bagian dinding samping rumah hingga bagian dapur yang mayoritas bersebelahan dengan tebing.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Okt 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 12:00 WIB
Kampak-Munjungan Pulih, Darurat Banjir Trenggalek Tetap Berlaku
Walau pulih, warga masih kesulitan beraktivitas karena air sumur tercemar lumpur dari banjir Trenggalek. (Dok. Pemkab Trenggalek)

Liputan6.com, Trenggalek - Hujan yang terjadi hampir setiap hari mengguyur Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menambah jumlah dearah terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah itu.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek menyebutkan saat ini terdapat sebanyak delapan kecamatan yang terdampak banjir dan longsor dari sebelumnya hanya enam yang terdampak.

"Totalnya ada puluhan desa/kelurahan dari 11 kecamatan yang terdampak bencana banjir dan longsor selama empat hari terakhir," kata Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari, dilansir dari Antara, Rabu (12/10/2022).

Sebelas kecamatan yang terdampak bencana banjir dan/atau longsor itu meliputi wilayah Kecamatan Panggul, Bendungan, Dongko, Watulimo, Suruh, Munjungan, Pule, Pogalan, Karangan, Gandusari, dan Kecamatan Trenggalek (kota).

Tidak ada laporan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah dampak masifnya kerusakan pada hunian penduduk serta infrastruktur jalan maupun jembatan di daerah itu.

"Jadi itu merupakan akumulasi data mulai tanggal 8 sampai 11 Oktober. Selama periode itu terjadi curah hujan cukup tinggi dan mengakibatkan bencana tanah longsor di beberapa titik," kata Pipit.

Kerusakan rumah warga itu mayoritas terjadi pada bagian dinding samping rumah hingga bagian dapur yang mayoritas bersebelahan dengan tebing. Tingkat kerusakan bervariasi mulai dari tingkat ringan, sedang hingga berat. Selain rumah, longsor juga menerjang beberapa ruas jalan hingga memutus konektivitas antar wilayah..

"Selain rumah warga, dampak lainnya ruas jalan. Beberapa diantaranya mengakibatkan akses jalan lumpuh total hingga proses evakuasi rampung," ujarnya.

Berkaca dari peristiwa itu, Pipit mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan deras. Pasalnya hujan deras itu berpotensi berdampak terhadap bencana hidrometeorologi, seperti banjir genangan hingga banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya