Proposal Disertasi AHY Lolos Uji, Siap Raih Gelar Doktor di Unair

Proposal disertasi yang diusulkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah dinyatakan lolos oleh dosen penguji Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 09 Mar 2023, 12:07 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 12:07 WIB
AHY usai ujian proposal disertasi di Unair. (Istimewa)
AHY usai ujian proposal disertasi di Unair. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Proposal disertasi yang diusulkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah dinyatakan lolos oleh dosen penguji Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Putra pertama dari Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal meriah gelar doktornya di Unair.

Hal tersebut disampaikan oleh alah satu dosen penguji dari Unair Suko Widodo. dari hasil penilaian para pembimbing, konsep yang sudah dirumuskan oleh AHY sudah memenuhi syarat, sehingga layak untuk dilanjutkan menjadi sebuah program penelitian.

"Hasilnya, bacaan luar biasa dan pikirannya masuk, tinggal pembuktian. Kami meloloskan konsep proposal penelitian yang ditawarkan," ujarnya di Unair Surabaya, Rabu (8/3/2023).

Selain itu, Suko Widodo juga menyarankan agar para politisi yang ingin meraih gelar doktor mengikuti proses perkuliahan secara benar, seperti yang dilakukan AHY.

Program doktor itu adalah puncak belajar bagi seorang mahasiswa sehingga harus ditempuh dengan sungguh-sungguh.

"Sekolah yang benar kayak AHY, Dan harus mengikuti datang dan kuliah secara tekun. Doktor kan puncak belajar dari seorang mahasiswa," ucapnya.

Dia mengaku, proses yang ditempuh AHY untuk mendapatkan gelar doktor pun masih panjang. Setelah tahapan ujian proposal disertasi, AHY harus segera menguji disertasinya di lapangan, untuk dilakukan penelitian.

"Kalau perencanaan sudah layak dan mas AHY tertib, bisa cepat. Tidak bisa dikebut dan ada regulasi secara akademis yang perlu ditaati," jelasnya.

"Nanti akan dilihat datanya, valid apa tidak, pasti ada proses pengujian dari internal dan pembimbing. Seperti orang belajar jadi pendekar pencak silat itu meski menempuh berbagai tahapan," imbuh Suko Widodo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tradisi Akademis Ketat

Momen AHY Jalani Sidang Proposal Disertasi di Universitas Airlangga, Tetap Santai
Dalam akun Instagram pribadinya, Agus Yudhoyono mengunggah momen saat dirinya menjalani sidang proposar disertasi. Memakai jas alamamater UNAIR, AHY pun tampak begitu percaya diri saat menyampaikan materi. (Liputan6.com/IG/@agusyudhoyono)

Pengajar komunikasi politik Unair itu mengatakan, pihak civitas akademik menerapkan tradisi yang ketat kepada semua mahasiswa yang menempuh studi di kampus itu.

Mereka wajib mengikuti semua proses pembelajaran yang diberlakukan di kampus. "Ada tradisi yang harus ditempuh sebagai mahasiswa dan kami menerapkan betul di Unair," jelasnya.

Menurut dia, semua mahasiswa mendapat perlakuan yang sama. Termasuk yang diberlakukan terhadap AHY, yang menempuh program doktoral.

"Kami memperlakukan mas AHY sebagai mahasiswa seperti yang lainnya. Dan dia taat," ujarnya.

Infografis peluang AHY di Pilpres 2019
Infografis peluang AHY di Pilpres 2019 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya