Pemkot Madiun Segera Gunakan Kendaraan Listrik untuk Mobil Dinas, Indennya Lama

Saat ini mobil listrik baru digunakan sebagai mobil dinasnya. Sedangkan, pemesanan terhadap motor listrik sudah dilakukan dengan jumlah yang cukup banyak.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Jun 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 18:00 WIB
mobil listrik Hyundai Ioniq 5 made in Indonesia. ©2022 Merdeka.com
mobil listrik Hyundai Ioniq 5 made in Indonesia. ©2022 Merdeka.com

Liputan6.com, Madiun - Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, segera menerapkan mobil listrik sebagai mobil dinas sebagai upaya menjaga lingkungan hidup dari kerusakan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Wali Kota Madiun Maidi usai mengendarai mobil listrik mengatakan penggunaan mobil listrik tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk memakai kendaraan nol emisi gas buang. Dengan begitu, diharapkan kualitas udara di Indonesia bisa semakin baik.

"Mobilnya enak, tidak ada suara apa-apa, tenang," kata Maidi di Kota Madiun, dilansir dari Antara, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, saat ini mobil listrik baru digunakan sebagai mobil dinasnya. Sedangkan, pemesanan terhadap motor listrik sudah dilakukan dengan jumlah yang cukup banyak.

"Mobil listrik baru dapat satu unit, karena indennya lama dan akan digunakan untuk mobil dinas wali kota. Tapi, untuk motor listrik sudah beli agak banyak," kata dia.

Sedangkan, bagi kepala dinas sudah difasilitasi mobil dinas baru untuk mengganti kendaraan lama yang umurnya sudah cukup tua.

Mobil listrik tersebut nantinya akan menemani tugas kedinasannya, khususnya saat menerima kunjungan tamu kehormatan dari dalam maupun luar negeri ke depan.

Adapun, mobil listrik yang dicobanya tersebut didatangkan diler mobil asal Korea Selatan di Surabaya. Wali Kota Maidi mencoba sendiri mobil dinas berwarna perak itu dengan rute dari kawasan Sun City Kota Madiun menuju Balai Kota Madiun.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak swasta untuk memfasilitasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Madiun.

Dengan begitu, warga kota maupun wisatawan yang menggunakan kendaraan listrik bisa lebih mudah mengisi daya saat berada di Kota Madiun. Sesuai wacana, SPKLU mungkin nanti dipasang di Pahlawan Bisnis Center (PBC).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya