Survei Simulasi Capres dan Cawapres 2024 versi ARCI: Ganjar-Sandiaga Menguasai Jatim

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei simulasi pasangan capres dan cawapres 2024 di Jawa Timur. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul ketika dipasangkan dengan Sandiaga Uno.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 19 Jul 2023, 10:07 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 10:07 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (@sandiuno)
Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (@sandiuno)

 

Liputan6.com, Surabaya - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei simulasi pasangan capres dan cawapres 2024 di Jawa Timur. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul ketika dipasangkan dengan Sandiaga Uno.

"Dalam simulasi capres-cawapres tiga nama, ketika Ganjar dipasangkan Sandiaga Uno, maka elektabilitasnya mengungguli dua pasangan lain. Jadi Ganjar-Sandi berpeluang menang dan menguasai Jatim," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Selasa (18/7/2023).

Dalam simulasi ARCI capres-cawapres, elektabilitas Ganjar-Sandiaga di angka 36,1 persen. Kemudian Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 35,6 persen, dan di posisi ke-3 Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 24,9 persen.

"Sementara responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihan sebanyak 3,4 persen," tambahnya.

Baihaki menyatakan pemilihan simulasi nama capres-cawapres tersebut berdasarkan isu yang berkembang hari ini.

"Hari ini kita tahu Gerindra berkoalisi dengan PKB, dan potensinya Prabowo-Cak Imin. PDIP dengan PPP, komposisinya Ganjar-Sandi. Lalu Koalisi Perubahan yang mulai santer dikabarkan duet Anies-AHY," bebernya.

Menurut Baihaki, Sandiaga sudah populer di Jatim karena pernah mengikuti kontestasi Pilpres 2019 lalu bersama Prabowo.

"Sandiaga sudah populer. Apalagi setelah bergabung dengan PPP yang notabene di Jatim banyak pemilih PPP warga NU," jelasnya.

Baihaki juga membeberkan saat survei simulasi dua nama capres-cawapres ARCI, Ganjar-Sandiaga juga unggul atas pasangan lainnya.

"Saat simulasi dua nama saja Ganjar head to head dengan Anies Baswedan, ketika Ganjar dipasangkan Sandiaga unggul jauh atas Anies Baswedan yang dipasangkan dengan AHY. Ganjar-Sandiaga meraih angka 45,5 persen, Anies-AHY di angka 36,7 persen. Sementara yang belum menjawab 17,8 persen," tegasnya.

Dalam elektabilitas capres tiga nama, Ganjar masih tertinggal dengan Prabowo di Jatim. Baihaki menyebut Ganjar harus memilih cawapres yang tepat.

"Ya salah satunya jika dipasangkan dengan Sandiaga angkanya bisa membawa Ganjar unggul di Jatim," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei ARCI Dilakukan pada 4 Juli-15 Juli 2023

Ganjar Sandiaga
Ganjar Pranowo kembali bertemu dengan Ketua Badan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Salahuddin Uno di Podcast Kaesang. (Ist)

Survei ARCI dilakukan pada 4 Juli-15 Juli 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.250 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Berikut simulasi capres-cawapres yang beredar hari ini menurut Survei ARCI:

1. Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 36,1 persen

2. Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 35,6 persen

3. Anies Baswedan-AHY 24,9 persen

4. Tidak menjawab/ tidak tahu 3,4 persen

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya