Polda Jatim Siapkan 350 Personel untuk Jadi Steward Piala Dunia U-17 di GBT Surabaya, Dibekali Pelatihan Khusus

Polda Jawa Timur menyiapkan 350 personel khusus untuk menjadi steward atau petugas layanan saat pertandingan Piala Dunia U-17 si Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 10 November 2023.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 08 Nov 2023, 22:02 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2023, 18:07 WIB
Polda Jatim menyiapkan 350 polisi untuk menjadi steward Piala Dunia U-17 di Stadion GBT Surabaya. (Istimewa)
Polda Jatim menyiapkan 350 polisi untuk menjadi steward Piala Dunia U-17 di Stadion GBT Surabaya. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jawa Timur menyiapkan 350 personel khusus untuk menjadi steward atau petugas layanan saat pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 10 November 2023.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jatim Kombes Pol Puji Santoso menyatakan, personel yang akan ditugaskan sebagai steward Piala Dunia U-17 sudah diberikan pelatihan khusus.

Ia menyebut bahwa para personel yang ditempatkan sebagai steward diwajibkan mengikuti pelatihan sebelum pertandingan Piala Dunia U-17 digelar. Hal itu kata Kombes Puji juga disesuaikan permintaan ketua umum PSSI Erick Tohir.

“Tadi pak Kabagbinops bersama Wakapolrestabes Surabaya sudah pimpin Latihan di GBT bersama personel yang akan ditugaskan sebagai steward,”ujar Kombes Puji, Jumat (3/11/2023). 

Personel yang ditugaskan sebagai Steward nantinya akan ditempatkan di Zona 1 Stadion GBT saat pertandingan berlangsung untuk memberikan pelayanan dan pengamanan.

“Steward nantinya selain melakukan tugas pengamanan juga memberikan pertolongan medis pada penonton yang sakit hingga evakuasi penonton dari dalam keluar stadion jika situasi darurat,”jelas Kombes Puji.

Usai pelatihan lanjut Kombes Puji, 350 Steward dari personel Polda Jatim ini akan diberi surat keterangan telah memiliki kemampuan steward untuk pertandingan sepak bola.

“Steward kita latih selama dua hari dengan pemateri dari panitia lokal PSSI dan Mabes Polri dengan pedoman perpol nomor 10 tahun 2022,” pungkas Kombes Pol Puji.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3.393 Personel Gabungan Polri dan TNI Diterjunkan Amankan Piala Dunia U-17 di Surabaya

Timnas Indonesia U-17 Jelang Piala Dunia U-17 2023
Timnas Indonesia U-17 menjalani sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Senin (30/10/2023) pagi WIB. Pemain diaspora Amar Rayhan Brkic belum terlihat dalam sesi latihan kali ini lantaran dia baru habis menjalankan kewajiban bersama timnya di luar negeri. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Sebelumnya, Kepala Biro Operasi Polda Jatim Kombes Puji Santosa menyatakan, sebanyak 3.393 personel gabungan Polri dan TNI diterjunkan untuk mengamankan perhelatan Piala Dunia U-17 di Kota Surabaya mulai  10 November hingga 21 Desember 2023.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan apel tahap awal, karena hari ini informasi kedatangan tim dari Maroko dan nanti sore tim Panama hadir di Jatim," kata Puji.

Puji menjelaskan personel sudah diapelkan dan sudah dibagi. Yang pertama adalah PAM di bandara, kemudian PAM rute dan PAM akomodasi di hotel.

"Kemudian juga PAM di lokasi latihan di lapangan Thor, Lapangan Tambaksari kemudian di Lapangan A-C di Gelora Bung Tomo," ujar dia.

Untuk pola pengamanan nanti, kata Puji, karena akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo nanti koordinasi dengan TNI dengan pola zona ring satu, dua dan tiga.

Sedangkan Operasi Aman Bacuya dimulai tanggal 10 November 2023 sampai 2 Desember. Untuk Jatim sendiri mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Desember 2023.

"Titik khusus tentunya di lokasi kegiatan mereka dan lokasi rawan terjadinya gangguan baik di tempat warga berkumpul," ucap dia.

Jadwal Piala Dunia U-17 2023
Infografis Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya