Korban Longsor di Penambangan Pasir Lumajang Ditemukan Lagi, Total Tewas Tiga Orang

Masih ada satu korban yang belum ditemukan yakni Junaidi (26) warga Kabupaten Malang. Proses pencarian malam ini dihentikan sementara

oleh Erik Erfinanto diperbarui 07 Jun 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 08:00 WIB
Proses evakuasi korban tambang pasir longsor di Lumajang. (Istimewa)
Proses evakuasi korban tambang pasir longsor di Lumajang. (Istimewa)

Liputan6.com, Lumajang - Satu orang korban tanah Longsor di tempat penambangan pasir di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali ditemukan petugas dari TIM SAR gabungan.

Penemuan korban tanah longsor tersebut sekitar pukul 17.00 WIB pada Kamis (6/6/2024), sehingga total korban yang telah ditemukan sebanyak tiga orang.

"Satu korban atas nama Rohim warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia ," kata Komandan Operasi SAR, Rudi Prahara di Lumajang, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya jenazah korban Rohim ditemukan sekitar 20 meter dari lokasi penemuan korban Dwi Suprapto yang sebelumnya ditemukan lebih dulu pada Rabu (5/6).

"Puluhan personel gabungan berusaha maksimal untuk melakukan pencarian korban longsor dengan menggunakan beberapa metode yakni penggunaan anjing pelacak, peralatan manual (seperti cangkul dan sekop), drone hingga penggunaan alat berat berupa ekskavator," tuturnya.

Ia menjelaskan Tim SAR gabungan melakukan pencarian tetap di sisi barat tebing yang longsor karena pihaknya khawatir terjadi longsor susulan pada tebing sebelah timur karena potensi longsor masih ada.

"Kami tetap mengutamakan keselamatan Tim SAR dalam melakukan pencarian korban, sehingga proses pencarian dilakukan di sebelah barat saja, termasuk alat berat juga diarahkan ke barat," ucap Rudi yang juga Basarnas Jember.

Hingga hari ketiga proses pencarian ditemukan tiga korban longsor dalam keadaan tak bernyawa yakni Kusnadi (40) warga Desa Pronojiwo ditemukan lebih dulu pada Selasa (4/6) sore, kemudian pada Rabu (5/6) ditemukan Dwi Suprapto dan Kamis ini ditemukan korban Rohim.

"Masih ada satu korban yang belum ditemukan yakni Junaidi (26) warga Kabupaten Malang. Proses pencarian malam ini dihentikan sementara dan pencarian akan dilanjutkan pada Jumat (7/6) pagi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Longsor Tebing Aliran Lahar Semeru

Sebuah tebing sungai di aliran lahar Gunung Semeru yang berada di Dusun Supit, Desa/Kecamatan Pronojiwo, longsor pada bagian sisi timur, sehingga material longsoran mengarah ke barat yang menimpa para pekerja tambang pasir lokal di dusun setempat pada Selasa (4/6).

Ada lima penambang yang berada di lokasi tersebut, namun satu penambang Abdul Latif berhasil selamat dari reruntuhan tanah longsor, sedangkan empat penambang lainnya yakni Junaedi, Dwi Suprapto, Kusnadi dan Rohim tertimbun longsor setinggi 15-20 meter.

Infografis Petaka Longsor di Natuna Kepulauan Riau. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Petaka Longsor di Natuna Kepulauan Riau. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya