Indra Sjafri Percaya Diri Antar Timnas ke Final AFF U-19, Semua Pemain Fit

Indonesia memiliki keuntungan menjelang menghadapi Malaysia karena memiliki waktu istirahat cukup banyak dari laga terakhir ketika menang 6-2 atas Timor Leste, Selasa (23/7) lalu.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 27 Jul 2024, 06:03 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 06:03 WIB
Timnas Indonesia U-19: Pemusatan Latihan Jelang Piala AFF U-19 2024
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (kiri) didampingi asisten pelatih, Bima Sakti memberi pengarahan kepada para pemainnya dalam rangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024) sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFF U-19 2024 yang akan berlangsung pada 17 hingga 29 Juli 2024. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menghadapi Malaysia yang sedang menghadang di semifinal Piala AFF U-19 pada Sabtu (27/7/2024) pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri percaya diri dapat kembali membawa timnas U-19 ke final Piala AFF U-19  kedua kalinya, setelah juara pada 2013 di Sidoarjo.

Terlebih, Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-19 tahun ini dengan catatan memuaskan, tiga kemenangan dari tiga laga, mencetak 14 gol dan hanya kebobolan dua gol.

“Mengenai persiapan Timnas Indonesia U-19 pada hari ini cukup baik, dan kita sudah melakukan persiapan untuk semifinal ini dari mulai dua hari yang lalu setelah selesai babak grup. Semua pemain dalam keadaan fit,” kata Indra di Surabaya, Jumat 25 Juli 2024.

“Untuk saya pribadi, ini adalah semifinal kedua saya di Jawa Timur, di mana semifinal pertama saya di tahun 2013, dan ini adalah semifinal kedua. Mudah-mudahan, Allah izinkan kita melaju ke babak selanjutnya,” tambahnya.

“Saya berharap untuk masyarakat hadir ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. Saya pikir besok pertandingan berjalan menarik,” lanjutnya.

Indonesia memiliki keuntungan menjelang menghadapi Malaysia karena memiliki waktu istirahat cukup banyak dari laga terakhir ketika menang 6-2 atas Timor Leste, Selasa (23/7) lalu.

Banyaknya waktu istirahat ini, kata dia, sangat ia manfaatkan untuk mempersiapkan tim menjelang semifinal, termasuk kemungkinan laga yang bisa saja ditentukan melalui babak penalti.

“Ya menguntungkan karena kita banyak waktu untuk melakukan persiapan. Termasuk, semua persiapan, ada penalti, dan sebagainya. Dan, hari ini juga kita ada latihan terakhir sebelum besok pertandingan. Insyaallah semua berjalan dengan baik dan sesuai,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Pertandingan Semifinal Piala AFF U-19

Foto: Matangkan Persiapan Akhir di Surabaya, Timnas Indonesia U-19 Gelar Latihan Terbuka Perdana Jelang Piala AFF U-19 2024
Skuad Timnas Indonesia U-19 telah tiba di Surabaya pada Rabu (10/7/2024) untuk melakukan persiapan akhir menghadapi ajang Piala AFF U-19 yang akan dgelar pada 17-29 Juli 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Langsung menggeber latihan secara tertutup di hari kedatangan, skuad Garuda Muda akhirnya melakukan latihan terbuka perdana pada Kamis (11/7/2024) di Lapangan THOR, Surabaya. Dari 28 anggota skuad tersisa, pelatih Indra Sjafri kembali akan menyusutkan skuad menjadi 23 pemain sebagai skuad akhir. (Bola.com/Aditya Wany)

Pelatih Malaysia Juan Torres Garrido mengatakan sebaliknya karena ia hanya memiliki jeda istirahat satu hari setelah terakhir kali berlaga melawan Thailand yang berakhir dengan skor 1-1 pada kemarin Kamis (25/7).

"Persiapan kami sulit karena hanya punya satu waktu istirahat setelah pertandingan terakhir. Kami memulihkan diri sampai para pemain saya siap,” kata Juan.

Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup A dengan meraih poin sempurna yakni 9 poin. Tiga kemenangan diraih saat melawan Filipina (6-0), Kamboja (2-0), dan Timor Leste (6-2).

Malaysia menjadi juara Grup C dengan 7 poin. Thailand posisi runner-up dengan poin yang sama, namun kalah selisih gol dari Malaysia.

Laga semifinal Indonesia versus Malaysia akan dimainkan pada Sabtu (27/7) pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sementara laga semifinal lainnya yakni Australia lawan Thailand pukul 15.00 WIB di hari dan tempat yang sama.

 

 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya