Ponsel Windows Phone 8.1 Nokia Akan Bernama `Martini`?

Selain 'Martini', @evleaks juga mengungkapkan bahwa Nokia sedang menyiapkan seri Lumia 630 yang juga berbasis Windows Phone 8.1

oleh Adhi Maulana diperbarui 05 Mar 2014, 13:40 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2014, 13:40 WIB
Ponsel Windows Phone 8.1 Nokia Akan Bernama `Martini`?
wpcentral.com

Liputan6.com, Jakarta Meksi di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2014 kemarin Nokia memutuskan untuk turut mengadosi platform Android dengan merilis tiga smartphone Nokia X, X+, dan XL, bukan berarti produsen asal Findlandia itu sepenuhnya berpaling dari sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft. Terlebih divisi perangkat Nokia saat ini hampir pasti menjadi bagian dari Microsoft.

Sebagi bukti kesetiaan Nokia kepada Microsoft, informasi terbaru mengungkapkan jika Nokia saat ini tengah mempersiapkan smartphone terbaru yang akan mengusung sistem operasi teranyar Windows Phone 8.1.

Menurut yang dilansir laman WP Central, kabar ini pertama kali disebarluaskan oleh akun Twitter @evleaks yang diketahui memang kerap membocorkan informasi terbaru terkait dunia teknologi. Belum lama ini @evleaks berkicau bahwa Nokia menggunakan kode nama internal 'Martini' untuk sebuah perangkat berbasis 'Windows Phone Blue', yang merupakan nama lain untuk update sistem operasi Windows Phone 8.1.

Selain 'Martini', @evleaks juga mengungkapkan bahwa Nokia sedang menyiapkan Lumia 630 yaitu smartphone dengan harga terjangkau yang akan meluncur pada pertengahan April. Smartphone ini juga diprediksi akan menjadi perangkat berbasis Windows Phone 8.1 dari Nokia.

Hal itu sesuai dengan apa yang telah diperkirakan banya pihak sebelumnya. Sejumlah analis meperkirakan Microsoft akan mengumumkan kehadiran Windows Phone 8.1 pada bulan April 2014. Bersamaan dengan momen itu, akan diperkenalkan pula fitur voice assistant pesaing Siri dan Google Now yang akan diberi nama 'Cortana'.

Fitur Cortana sendiri sebenarnya sudah bocor pada publik sejak akhir 2013 lalu. Cortana merupakan teknologi yang memiliki kemampuan belajar, beradaptasi, dan mengandalkan engine yang ditenagai mesin pencari berbasis internet, Bing.

Cortana juga dikabarkan bukan sekedar aplikasi yang memungkinkan perangkat dengan pemilik saling berinteraksi. Lebih dari itu Cortana memungkinkan pengguna berinteraksi secara alami menggunakan perintah suara, layaknya berinteraksi dengan asisten sungguhan.

Baca juga: 
April, Microsoft Perkenalkan Fitur Pesaing Siri dan Google Now
Windows Phone 8.1 Dirilis Awal Tahun 2014?
Saingi Siri, Microsoft Kembangkan Asisten Pribadi Cortana
Windows Phone 8.1 Sedang Diuji Coba Secara Internal?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya