Google Berharap Semakin Banyak Vendor yang Terlibat Android One

Tak hanya vendor lokal, Google berharap vendor global pun turut terlibat proyek Android One.

oleh Adhi Maulana diperbarui 18 Mar 2015, 11:28 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2015, 11:28 WIB
Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)
Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Jakarta - Nexian, Evercoss dan Mito menjadi mitra lokal Google dalam menghadirkan produk smartphone murah yang masuk ke dalam konsep Android One di Indonesia. Nexian Journey 1, Evercoss One X, dan Mito Impact menjadi tiga produk smartphone Android One gelombang pertama yang bisa dicicipi oleh konsumen Indonesia.

Sejauh ini Android One memang melibatkan banyak vendor lokal di negara-negara berkembang, seperti India, Filipina, dan Indonesia. Namun begitu, menurut Head of Communication Google Indonesia, Jason Tedjakusuma, pihaknya berharap akan semakin banyak lagi vendor yang terlibat dalam proyek Android One.



"Kita sih berharap sebanyak-banyaknya, vendor lokal atau global kami harap bisa ikut bergabung. Tapi itu semua keputusannya kembali ke vendor," ungkap Jason di acara Android One Open House yang berlangung kemarin, Selasa (18/3/2015).

Lebih lanjut Jason mengatakan, "Tujuan Android One kan, untuk lebih memasyarakatkan smartphone. Kami harap ada semakin banyak orang yang menggunakan smartphone dan terkoneksi dengan internet. Ya, kalau semakin banyak yang terlibat akan lebih baik."

Dengan Android One, Google menawarkan kepada para produsen perangkat mobile untuk membuat sebuah produk smartphone berharga terjangkau yang spesifikasinya distandarisasi oleh Google. Bisa dibilang, Android One adalah versi 'generiknya' dari proyek smartphone Nexus Google.

Saat pertama kali diperkenalkan pada publik, Vice President Android Sundar Pichai menjelaskan bahwa visi Google dengan Android One adalah membuat semakin banyak orang menggunakan smartphone dan merasakan keuntungan menggunakan perangkat mobile yang terintegrasi dengan internet.

Di Indonesia sendiri, produk Android One mendapat animo yang cukup baik. Untuk ke depannya, Vice President of Product Management Google, Caesar Sengupta, sempat mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa vendor global yang berminat menyediakan ponsel Android One, seperti HTC, Lenovo, Asus hingga Acer.

(dhi/isk)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya