Ini Tiga Layanan Cloud Baru dari Oracle

Tiga layanan baru dari Oracle ini hadir untuk pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 25 Agu 2015, 11:15 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2015, 11:15 WIB
Oracle
Kaleem Chaudry, Regional Director, Enterprise Technology, Oracle Asia Pasific

Liputan6.com, Jakarta - Oracle baru saja menambah daftar layanan Oracle Cloud Platform-nya dengan menghadirkan Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat, Oracle bermaksud untuk menyediakan layanan dan solusi lengkap bagi pelanggan di bidang layanan cloud

Ketiganya merupakan layanan baru yang dirilis Oracle untuk mengembangkan layanan cloud dan juga menyasar pelanggan berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula. Lalu seperti apa bentuk layananya?

Software as as Service merupakan layanan cloud untuk pelanggan yang menginginkan akses langsung ke data mereka. Lewat layanan ini pelanggan dapat langsung mengakses beberapa aplikasi layanan terkait perusahaan seperti supply chain, marketing dan sales, termasuk di dalamnya human capital management.

Untuk Platform as a Service, Oracle memberikan pada pelanggan untuk mengembangkan sendiri aplikasi bisnis mereka. Termasuk di dalamnya kemampuan untuk data management, business analytic, serta application development.

Infrastructure as a Service memberikan pelanggan akses terhadap hardware komputasi termasuk di dalamnya akses terhadap jaringan dan memori.

Layanan SaaS dan PaaS kompatibel satu sama lain sehingga memudahkan pelanggan untuk memproduksi, melakukan uji coba, dan mengembangkan lewat on-site maupun lewat Oracle cloud.

Sebetulnya, layanan SaaS dan PaaS telah diperkenalkan di Indonesia beberapa bulan lalu. Informasi yang diperoleh dari Kaleem Chaudry, Regional Director Enterprise Technology Oracle Asia Pacific, Senin (24/8/2015), menyebutkan saat ini pengguna SaaS di Indonesia masih lebih banyak dibandingkan PaaS. 

Hal ini mungkin dikarenakan SaaS lebih dahulu diperkenalkan. Namun tak tertutup kemungkinan bahwa nantinya PaaS akan memiliki lebih banyak pelanggan.

Disinggung mengenai masalah keamanan, Chaudry meyakinkan bahwa layanan data cloud Oracle aman. Hal ini didukung dengan sistem data keamanan yang lebih kompleks dan para ahli yang ada di Oracle ditambah dengan pengalaman selama 30 tahun menjamin keamanan data dari pengguna layanan Oracle.

(dam/cas)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya