Fortnite Versi Android Resmi Rilis, Eksklusif untuk Samsung Galaxy

Kendati ekslusif untuk perangkat seri Galaxy, Samsung menyebut hal ini tidak berlangsung lama.

oleh Agustinus Mario DamarAditya Eka Prawira diperbarui 09 Agu 2018, 23:46 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2018, 23:46 WIB
Fortnite
Fortnite resmi meluncur di konsol Nintendo Switch. (Doc: Ubergizmo)

Liputan6.com, New York - Teka-teki mengenai rilisnya gim Fortnite versi Android akhirnya terjawab sudah. Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 9, CEO Epic Games, Tim Sweeney, resmi mengumumkan kehadiran gim ini untuk platform Android.

"Banyak yang bertanya-tanya kapan Fortnite untuk Android rilis, jawabannya adalah minggu ini. Khusus untuk pengguna Samsung Galaxy sudah dapat mengunduhnya hari ini," tuturnya dalam gelaran Unpacked Galaxy Note 9 di New York, Kamis (9/8/2018).

Adapun perangkat Samsung yang sudah dapat menjajal Fortnite versi Android adalah Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, Galaxy Note 8, Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, dan Tab S3.

"Untuk pengguna Galaxy Note 9 dan Tab S4 akan mendapatkan skin khusus, yakni Galaxy," tuturnya. Pemain yang tertarik menjajalnya dapat memasang Fortnite melalui aplikasi Game Launcher Samsung atau installer Epic.

Kendati ekslusif untuk perangkat seri Galaxy, Samsung menyebut hal ini tidak berlangsung lama. Menurut perkiraan, masa eksklusif ini setidaknya akan berlaku kurang dari 30 hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana Epic Games untuk Android

Fortnite
Rilis Awal 2018, Fortnite Versi iOS Sudah Meraup Untung Rp 1,4 Triliun. (Doc: Ubergizmo)

Kehadiran Fortnite di Android memang sudah cukup lama dinanti pengguna perangkat sistem operasi robot hijau tersebut.

Namun, Epic Games selaku pengembang Fortnite mengambil jalur berbeda dalam hal pendistribusian pada pengguna Android.

Dikutip dari The Verge, Senin (6/8/2018), Fortnite tidak akan tersedia di Play Store. Epic Games memilih untuk merilis gim ini langsung melalui situs resminya.

Nantinya, pengguna tinggal mengunduh program installer Fortnite untuk memasang gim di perangkat yang kompatibel.

Keputusan ini, menurut CEO Epic Games, Tim Sweeney, tak lepas dari upaya perusahaannya untuk berhubungan langsung dengan pemain.

Sekadar informasi, Fortnite untuk PC juga rilis lewat Epic Games Launcher, alih-alih memanfaatkan platform Steam yang lebih populer.

Sementara untuk iOS, langkah semacam ini terbilang sulit, mengingat Apple tidak mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi yang tidak diverifikasi dan didistribusikan lewat toko aplikasi resmi.

 


Bocoran Spesifikasi Fortnite untuk Android

Fortnite
Pengguna Nintendo Switch sudah bisa download Fortnite. Liputan6.com/ Yuslianson

Bocoran spesifikasi sendiri sudah sempat beredar di internet. Gim ini dapat berjalan di perangkat Android dengan sistem operasi Android Lollipop ke atas.

Berhubung sebagian besar smartphone yang ada di pasaran saat ini sudah pakai OS Nougat, bisa dikatakan hal tersebut tak akan menjadi masalah.

Dari segi spesifikasi, Fortnite membutuhkan perangkat yang setidaknya memiliki RAM 3GB atau lebih.

Sementara, untuk GPU dibutuhkan minimal Adreno 530 atau lebih tinggi, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12 atau lebih.

Adapun untuk smartphone yang memakai chipset Snapdragon 820 ke atas dipastikan tidak akan mengalami kendala saat main gim Fortnite.

(Adt/Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya