Ada Bug, Instagram Selalu Akses Kamera di iOS 14

Masalah privasi kembali ditemukan di iOS 14 dan kali ini berhubungan dengan Instagram.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 27 Jul 2020, 10:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2020, 10:30 WIB
Instagram, Aplikasi Instagram
Instagram, Aplikasi Instagram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Masalah aplikasi yang terpasang pada perangkat yang menjalankan iOS 14 kembali ditemukan. Kali ini, masalah diketahui berhubungan dengan aplikasi Instagram. 

Dikutip dari 9to5mac, Senin (27/7/2020), ada sejumlah pengguna iOS 14 yang melaporkan fungsi kamera ternyata selalu aktif ketika aplikasi Instagram dibuka. Hal itu terjadi bahkan saat fungsi kamera sedang tidak diaktifkan.

Menurut laporan pengguna, saat mereka menjelajah feed Instagram, indikator hijau selalu menyala yang menandakan kamera tetap aktif di keadaan background.

Padahal seharusnya hal tersebut tidak terjadi, mengingat fungsi kamera hanya akan menyala saat membuat Stories atau mengunggah foto.

Berdasarkan laporan The Verge, Instagram sudah menemukan masalah tersebut dan memastikan itu hanya bug. Karenanya, mereka akan segera menyelesaikannya. 

Instagram menjanjikan solusi untuk bug ini akan hadir pada pembaruan terkini iOS. Selain memastikan akan segera menghadirkan solusi untuk bug ini, perusahaan menjamin mereka tidak merekam aktivitas pengguna. 

"Kami tidak mengakses kamera pengguna dalam masalah ini, dan tidak ada konten yang direkam," tutur juru bicara perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


50 Aplikasi Kedapatan Baca Clipboard iPhone, TikTok Salah Satunya

iOS
Tampilan iOS 14 yang baru diluncurkan oleh Apple. (Doc. Apple)

Sebagai informasi, salah satu fitur baru yang hadir di iOS 14 adalah kemampuan memberikan notifikasi ke pengguna kapan pun ada aplikasi yang mengakses clipboard perangkat mereka.

Belakangan diketahui, salah satu aplikasi yang dimaksud adalah TikTok.  Berdasarkan laporan dari ArsTechnica, peneliti bernama Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengungkap, TikTok ternyata tidak sendirian. Pasalnya, ada lebih dari 50 aplikasi populer di iOS yang melakukan hal serupa.

Ubergizmo dalam laporan yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (29/6/2020) menyebut, selain TikTok, aplikasi berita seperti Wall Street Journal, the New York Times, hingga Fox News melakukan hal serupa.

Tak hanya itu, aplikasi gim seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile juga ternyata mengakses clipboard iPhone milik pengguna. Demikian juga dengan aplikasi media sosial seperti Viber dan Weibo.

"Hal ini sangatlah berbahaya. Aplikasi-aplikasi ini membaca clipboard perangkat pengguna pada tidak ada alasan kuat terkait mengapa aplikasi-aplikasi ini butuh informasi yang ada di clipboard," kata Mysk.


Kata TikTok

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Ia menambahkan, sebuah aplikasi yang tidak memiliki bidang teks untuk memasukkan teks atau tulisan, tak memiliki alasan untuk membaca teks di clipboard perangkat.

Merasa terusik dengan tudingan ini, TikTok pun memberikan alasan kenapa mereka membaca clipboard di perangkat pengguna.

Menurut TikTok langkah ini dilakukan semata untuk kepentingan pengguna. TikTok menganggap pihaknya mengakses clipboard karena ingin melindungi pengguna dari spam.

Belum diketahui bagaimana hal ini bekerja. Namun di sisi lain, ada banyak konten tersimpan di clipboard perangkat, misalnya password.

TikTok menyebut, pihaknya akan merilis pembaruan untuk menghapus fitur antispam yang melakukan pembacaan terhadap clipboard itu. Pembaruan ini juga kabarnya sedang menanti persetujuan dari pihak App Store.

"Bagi TikTok, ini dipicu oleh fitur yang dirancang untuk mengidentifikasi perilaku berulang yang bersifat spam. Kami telah mengirimkan versi aplikasi yang sudah diperbarui ke App Store dan menghapus fitur anti-spam tersebut untuk menghilangkan kebingungan," kata pihak TikTok.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya