Bocoran Ungkap Twitter Kembangkan Fitur Bikin Artikel

Kehadiran fitur Twitter Article ini diketahui dari informasi yang diunggah reverse engineer Jane Manchun Wong.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 05 Feb 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2022, 08:00 WIB
Twitter
Ilustrasi Twitter. (Pexels.com/Brett Jordan)

Liputan6.com, Jakarta - Twitter dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menulis dengan karakter yang lebih panjang.

Informasi ini diketahui dari reverse engineer Jane Manchun Wong yang dikenal kerap menemukan bocoran soal pengembangan fitur baru Twitter.

Mengutip informasi dari Engadget, Sabtu (5/2/2022), Jane ternyata menemukan keberadaan tab baru yang diberi nama Twitter Articles. Namun, ia belum mengetahui secara pasti fungsi tab tersebut.

Berdasarkan nama yang digunakan, fitur ini ditengarai memungkinkan pengguna membuat tulisan dalam format panjang di Twitter, sama seperti sebuah artikel.

Selain itu, belum dapat dipastikan apakah fitur ini akan tersedia untuk seluruh pengguna atau hanya tersedia bagi pelanggan yang terdaftar di Twitter Blue.

Di sisi lain, Twitter juga dilaporkan tengah mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi cuitan hanya dengan sejumlah akun tertentu. Twitter menamainya dengan Flock.

Fitur ini mirip dengan Close Friends Instagram, yang memungkinkan pengguna Instagram mengunggah IG Story hanya untuk segelintir akun yang masuk daftar teman-teman terdekat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Close Friends Twitter

Aplikasi Twitter
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Sebelumnya, Twitter pertama kali memberikan gambaran sekilas mengenai fitur Close Friends-nya pada Juli lalu. Ketika itu, fitur Close Friends Twitter disebut dengan "Teman Terpercaya".

Sejak itulah, pengembang mobile Alessandro Paluzzi melacak kemajuan hasil kerja Twitter dan menyadari fitur Close Friends mulai terbentuk.

Terbaru, mengutip The Verge, Selasa (25/1/2022), temuan terbaru Paluzzi mengungkap beberapa hal tentang bagaimana fitur Close Friends Twitter ini beroperasi.

Twitter tampaknya bekerja pada halaman yang menampilkan lebih banyak informasi mengenai Flock --fitur Close Friends-- yang menjelaskan, pengguna bisa menambahkan maksimal 150 akun ke daftar teman terpercaya ini.

Hanya pengguna-pengguna yang masuk ke daftar teman terpercaya yang bisa melihat atau membalas cuitan tersebut.


Bisa Hapus Pengguna di Close Friends

Ilustrasi Twitter
Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

Selain itu, jika pengguna memutuskan tidak ingin seseorang berada di Flock mereka, Twitter menyebut, pengguna bisa menghapus akun siapa pun dari daftar tersebut kapan saja. Teman yang dihapus dari Flock tidak akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi.

Paluzzi mengatakan, jika seorang pengguna berada di daftar Flock seseorang dan ia mengirim tweet, akan terlihat label yang muncul di bawah cuitan tersebut. Label yang dimaksud "Anda dapat melihat tweet ini karena penulis telah menambahkan Anda ke Flock mereka."

Hal ini akan memudahkan untuk membedakan antara teman dekat dengan semua orang yang di-follow di Twitter.

Untuk mengirim tweet ke Flock pengguna, Twitter akan menampilkan opsi audiens yang dapat dipilih sebelum mem-posting cuitan tersebut. Opsi ini memungkinkan pengguna memilih antara semua pengguna Twitter dan pengguna tertentu yang ingin dipilih.

(Dam/Tin)


Infografis Tentang Twitter

Infografis Tekno Google Twitter
Infografis Tekno Google Twitter (liputan6/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya