Samsung Gulirkan Update Firmware untuk 500 Juta HP Android Lawas, Ada Apa?

Menurut laporan terbaru, Samsung diketahui menggulirkan pembaruan firmware untuk sejumlah model smartphone lawas.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 24 Agu 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2022, 10:00 WIB
Samsung Galaxy Alpha
Samsung Galaxy Alpha (Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah smartphone lawas Samsung dilaporkan tiba-tiba mendapatkan update firmware. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 500 juta smartphone lawas yang mendapatkan pembaruan ini.

Dikutip dari SamMobile, Selasa (23/8/2022), awalnya update ini diberikan di awal bulan ke sejumlah perangkat. Namun belakangan diketahui, ada lebih banyak model yang mendapatkannya.

Beberapa model smartphone yang mendapatkan pembaruan firmware ini di antaranya adalah Galaxy S5 Neo, Galaxy Alpha, Galaxy S6 Series, dan Galaxy A7 (2018). Belum diketahui alasan pasti Samsung tiba-tiba menggulirkan pembaruan ini.

Alasannya, mengingat umur perangkat-perangkat tersebut, mereka seharusnya sudah tidak mendapatkan pembaruan software. Ada kemungkinan pembaruan ini dirilis, karena Samsung menemukan masalah keamanan di perangkat tersebut.

Selain deretan perangkat itu, HP Samsung lain yang juga mendapatkan pembaruan serupa adalah Galaxy Note 8, Galaxy S7, dan Galaxy S7.

Berdasarkan informasi dalam deskripsi firmware, Samsung menyebut pembaruan ini rilis untuk meningkatkan stabilitas GPS. Karenanya, pembaruan ini tidak disertai dengan patch keamanan terkini.

Kendati demikian, khusus untuk Galaxy S6 Series, disebutkan ada peningkatkan stabilitas dan perbaikan, termasuk peningkatan performa. Perlu diketahui, pembaruan ini memang terbilang tidak biasa.

Seperti disebutkan di atas, kebanyakan perangkat tersebut merupakan smartphone model lawas. Sebagai contoh, Galaxy S5 Neo rilis pertama kali pada 2015, dan Galaxy Alpha memulai debutnya pada 2014.

Untuk itu, digulirkannya pembaruan ini kemungkinan besar dilakukan karena ada kebutuhan mendesak. Sementara saat ini, Samsung telah memperbarui komitmennya dalam memberikan dukungan software pada HP Android mereka.


Samsung Pastikan Update Android Hingga 4 Tahun Mulai Galaxy S22 dan Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy S22 Ultra
Tampilan Samsung Galaxy S22 Ultra (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sebelumnya, Samsung juga mengumumkan telah memperpanjang durasi update Android untuk sejumlah perangkat premium.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (12/2/2022), mulai lini Galaxy S22 dan Galaxy Tab S8, Samsung akan menggulirkan pembaruan Android hingga empat generasi dan patch keamanan sampai lima tahun.

Mengingat saat ini Galaxy S22 dan Galaxy Tab S8 sudah menjalankan Android 12, perangkat tersebut dipastikan akan mendapatkan pembaruan hingga Android 16 dan patch keamanan sampai 2027.

Komitmen pembaruan ini juga berlaku untuk perangkat lainnya, termasuk lini Galaxy S21 serta lini Galaxy Z Fold3. Namun untuk seri Galaxy S20 dan seri foldable sebelumnya tidak mendapatkan update Android hingga 4 tahun.

Untuk mengetahui perangkat Samsung yang akan menerima pembaruan Android hingga empat tahun, berikut ini daftarnya:

Galaxy S22

  • Galaxy S22
  • Galaxy S22+
  • Galaxy S22 Ultra

Galaxy Tab S8

  • Galaxy Tab S8
  • Galaxy Tab S8+
  • Galaxy Tab S8 Ultra

Galaxy Foldable

  • Galaxy Z Fold3
  • Galaxy Z Flip3

Galaxy S21 

  • Galaxy S21
  • Galaxy S21+
  • Galaxy S21 Ultra
  • Galaxy S21 FE

Masa Pakai Lebih Lama

Samsung Galaxy S22 Ultra
Tampilan Samsung Galaxy S22 Ultra (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Perubahan ini pun secara otomatis akan memperpanjang umur ponsel dan tablet Galaxy baru menjadi lebih lama.

Update ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi pelanggan Samsung. Sebab, mereka akan dapat mengikuti perkembangan OS Android lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Dengan demikian, mereka tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk upgrade ponsel atau tablet ke versi sistem operasi terbaru.

Di sisi lain, Samsung menghadirkan nada dering legendaris Over the Horizon versi remix buatan Suga BTS.

Ini merupakan kesempatan kedua suga untuk me-remake ringtone Over the Horizon secara ekslusif hanya untuk perangkat Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 5G.

Mengutip keterangan resmi Samsung, Senin (22/8/2022), rapper BTS bernama asli Min Yoon-gi ini memberikan sentuhan baru pada tema musik khas Samsung, Over the Horizon tahun 2022.


Suga BTS Remix Ringtone Over The Horizon Khusus untuk Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 5G

Samsung berkolaborasi dengan BTS
Samsung berkolaborasi dengan BTS untuk smartphone foldable terbarunya, Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 5G. Selain itu, Suga BTS juga terlibat sebagai produser dalam proyek remix ringtone legendaris "Over the Horizon" Samsung. (Foto: Samsung Electronics Indonesia).

Lewat karyanya, Suga BTS ingin menyampaikan tentang hal-hal positif dan kecerahan masa depan. Suga mengkomposisikan ringtone tersebut bagi para pendengar agar orang bisa merasa semangat dan penuh dengan harapan.

Dengan begitu, karyanya bisa mendorong orang-orang untuk memimpikan masa depan yang cerah dan membayangkan kegembiraan seperti apa yang menunggu di cakrawala.

Sebelumnya, Samsung telah berkolaborasi dengan beberapa artis untuk menata ulang tema musiknya dan menciptakan suara khas yang memotivasi pengguna untuk menantang batas mereka.

Sekadar informasi, ringtone Over the Horizon tahun 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang bertema rock. Versi terbaru ini memiliki ciri khas unik dari tema aslinya.

Ringtone tersebut menggabungkan genre lintas zaman, mulai dari pop orkestra, fusion jazz, bahkan Nordic orchestra inspired spin.

Perilisan remix ringtone Over the Horizon terbaru yang diproduseri Suga BTS ini memperlihatkan inovasi Samsung yang terus diperbarui sekaligus kemitraan yang dijalin dengan seniman hebat di kelasnya.

Hal ini dilakukan juga untuk memadukan tema spirit openness and collaboration yang menggarisbawahi filosofi Galaxy.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya