Dynamic Island di iPhone 14 Pro Hadir di Android

Pengembang Android mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan punch hole di layar Android berubah fungsi seperti Dynamic Island milik iPhone 14 Pro series.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 15 Sep 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2022, 15:00 WIB
iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch
iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 14 Pro series hadir dengan inovasi yang cukup revolusioner dibandingkan pendahulunya, iPhone 13 Pro series. Tidak lagi mengadopsi notch, Apple menyuguhkan sebuah cutout berbentuk pil yang dinamai Dynamic Island.

Dynamic Island juga menjadi respon Apple atas punch hole yang diaplikasikan oleh pabrikan Android. Melalui fitur ini, pengguna bisa berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi yang tengah berjalan di background berkat software yang digunakan.

Kini, hanya beberapa hari sejak pengumuman iPhone 14 Pro series, tampaknya sudah ada smartphone Android pertama yang mengadopsi Dynamic Island.

Meski begitu, kehadiran Dynamic Island di smartphone Android ini bukan disediakan oleh manufaktur tetapi dari komunitas pengembang independen. Mengutip Gizchina, Kamis (15/9/2022), perangkat yang digunakan adalah smartphone Xiaomi.

Rupanya seorang di komunitas pengembang Xiaomi telah membuat tema baru untuk MIUI yang bisa menampilkan fungsi mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro series.

Video tersebut diunggah melalui Twitter oleh pengguna dengan akun @vvaiibhav.

Terlihat di video, pengguna tersebut memanfaatkan lubang kamera selfie (punch hole) di layar untuk menampung notifikasi dan kontrol pemutaran audio. Keduanya berada di sudut kiri atas layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tengah Ditinjau Tim MIUI

Xiaomi
Tampilan MIUI 13 yang baru saja diperkenalkan Xiaomi. (Foto: Xiaomi)

Punch hole tersebut tidak terlihat karena latar belakang hitam 'Dynamic Island' ini memperluas panel notifikasi dan music player. Si pembuat topik menyebut, fitur tersebut tengah dipelajari oleh Xiaomi.

Jika disetujui nantinya fitur besutan pengembang itu bisa diakses melalui MIUI Themes. Meski bukan ciptaan si vendor smartphone, ini jadi upaya pengembang Android untuk meniru Dynamic Island milik iPhone.

Bahkan sangat mungkin nantinya dalam waktu dekat, pengguna bisa melihat bagaimana perusahaan lain terinspirasi dari Apple dan menciptakan solusi mereka sendiri. Bagaimana menurut kamu?

Tentang Dynamic Island

Beberapa bulan belakangan memang ramai bocoran, Apple tak akan menggunakan poni alias notch di seri iPhone 14 Pro.

Ternyata desain notch ini digantikan dengan Dynamic Island yang punya kemampuan intuitif dan berguna ketimbang notch.

Dalam keterangannya, Apple menyebut, cutout di layar berbentuk mirip pil itu sebagai Dynamic Island. Dynamic Island memberi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan iPhone.


Padukan Hardware dan Software

iPhone 14 Pro
iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

"Tujuan kami adalah merancang ruang yang menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang dengan cara menyenangkan. Saat pengguna menerima notifikasi, Dynamic Island akan memberi tahu mereka," kata Apple saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip keterangannya, Dynamic Island memadukan hardware dengan software. Di mana bagian hitam di layar atas iPhone ini bisa secara realtime menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna.

Misalnya saat pengguna mendengarkan lagu, Dynamic Island bakal menampilkan lagu apa yang tengah diputar. Saat pengguna menelepon, Dynamic Island memperlihatkan panggilan berlangsung.

Dengan begitu, pengguna bisa mengakses kontrol aktivitas yang sedang dilakukannya di iPhone dengan lebih mudah dengan cara tap-and-hold sederhana.

Aktivitas di layar belakang yang sedang berlangsung dan bisa ditampilkan di Dynamic Island mulai dari Map, Music, timer, telepon, hingga aplikasi ketiga di iOS 16.

Kehadiran Dynamic Island jelas ditujukan untuk memberikan informasi notifikasi ke pengguna tanpa harus keluar dari aplikasi yang tengah dibuka.

(Tin/Isk)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya