Aplikasi Belajar Online Sesuaikan Antarmuka dan Fitur untuk Pastikan Gaya Hidup Seimbang Siswa

Aplikasi pendidikan berbasis teknologi Kelas Pintar menyesuaikan antarmuka dan merilis fitur baru untuk mendukung gaya hidup study-life balance bagi para siswa.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Agu 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi e-Learning, online course, kelas belajar online
Ilustrasi e-Learning, online course, kelas belajar online. Kredit: Mohamed Hassan via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup seimbang tengah digalakkan oleh banyak pihak di sektor teknologi, misalnya Apple hingga Meta.

Meta melalui aplikasi Instagram atau Facebook misalnya, menghadirkan fitur pembatasan waktu main aplikasi agar pengguna tak terlalu berada di dalam aplikasi hingga jadi kecanduan.

Faktanya, selain para pekerja di berbagai sektor, gaya hidup study-life balance juga diperlukan siswa guna memastikan kehidupan sosialnya tetap aktif. Baik itu untuk kegiatan pribadi serta hubungan dengan keluarga dan teman-teman.

Secara psikologis, study-life balance sendiri diyakini mampu menjaga kesejahteraan emosional dan mental anak-anak.

Namun tidak seperti aplikasi media sosial yang menerapkan batasan waktu akses, startup pembesut aplikasi edukasi berbasis teknologi Kelas Pintar menghadirkan inovasi berupa antarmuka dan fitur baru.

Head of Marketing Communications Kelas Pintar Ellenduani Aprilia, mengatakan, tugas penyedia solusi berbasis teknologi seperti aplikasi belajar Kelas Pintar adalah membantu siswa belajar secara efektif dan efisien. Dengan begitu, bisa meminimalisasi kelelahan karena terlalu banyak belajar.

"Salah satu inovasi Kelas Pintar untuk mendukung study-life balance adalah dengan menghadirkan antarmuka baru yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih mudah dan menyenangkan," kata perempuan yang karib disapa Duan dalam diskusi bersama media di Jakarta, Rabu (23/8/2023). 

Lewat pembaruan antarmuka ini, aplikasi Kelas Pintar berupaya membuat proses pembelajaran di aplikasi menjadi lebih efektif dan efisien, baik secara upaya maupun waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belajar Fun di Kelas Pintar dengan Reward Point System

Startup Kelas Pintar merilis kampanye study-life balance untuk mendukung gaya hidup seimbang antara belajar dan aktivitas sosial lainnya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Startup Kelas Pintar merilis kampanye study-life balance untuk mendukung gaya hidup seimbang antara belajar dan aktivitas sosial lainnya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain itu, Kelas Pintar juga berupaya untuk membawa "kesenangan" saat melakukan aktivitas belajar di Kelas Pintar.

Untuk menghadirkan kesenangan saat berada di aplikasi, Kelas Pintar merilis fitur Point System. Hal ini ditujukan untuk mendekatkan siswa pada impian yang ingin dicapai melalui perjalanan akademis yang lancar tanpa hambatan.

Point system adalah bentuk apresiasi Kelas Pintar kepada para siswa yang melakukan perjalanan akademisnya dengan Kelas Pintar. Para siswa akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas yang mereka lakukan.

Selanjutnya, poin tersebut akan terlihat di leaderboard, di mana siswa yang berada di posisi tertinggi pada setiap bulannya akan mendapatkan hadiah untuk mengeksplorasi potensinya.

Adapun hadiah yang dimaksud beragam, mulai dari yang sesuai hobinya, cita-citanya, hingga pengalaman hidup.

"Jadi, jika ada siswa yang bermimpi jadi YouTuber, gamers, beauty blogger, dan sebagainya bisa terfasilitasi oleh Kelas Pintar. Sementara puncaknya adalah paket liburan gratis di penghujung tahun ajaran," kata Duan.

 


Pentingnya Study-Life Balance

Manajemen Waktu dan Strategi Belajar
Ilustrasi Belajar Bahasa Credit: pexels.com/Hana

Bicara tentang gaya hidup study-life balance, Psikolog Pendidikan sekaligus Konselor Anak dan Remaja Caesilia Ika W menyebut, anak-anak yang mengalami tekanan berlebihan dalam belajar tanpa cukup waktu untuk istirahat dan bermain mungkin mengalami kelelahan fisik dan mental.

"Keseimbangan yang buruk itu bisa berdampak pada stres, kecemasan hingga penurunan dalam motivasi belajar," kata Caesilia dalam diskusi mengenai kampanye gaya hidup study-life balance oleh startup edutech Kelas Pintar. 

Memandang pentingnya study-life balance, startup Kelas Pintar pun berupaya mendukung anak bisa belajar dengan efektif dan efisien, tak habisan seluruh waktunya hanya untuk belajar.

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya