Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Warganet Riuh di X Twitter

Timnas Indonesia berhasil lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dengan cara dramatis berkat bantuan Kirgistan. Simak reaksi warganet di X Twitter yang riuh menyambut prestasi ini.

oleh Yuslianson diperbarui 26 Jan 2024, 07:41 WIB
Diterbitkan 26 Jan 2024, 06:58 WIB
Foto: Ditaklukkan Jepang, Nasib Timnas Indonesia Ditentukan Bahrain dan Oman untuk Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2024
Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Warganet Riuh di X Twitter. (AFP/Hector Retamal)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, lewat jatah salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia ini mencatatkan sejarah baru bagi skuad Garuda, dan terjadi sangat dramatis.

Berkat Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1 pada laga terakhir Grup F Piala Asia 2023, pasukan Shin Tae-yong pun melaju ke babak 16 besar.

Dalam pertandingan penentuan nasib Timnas Indonesia tersebut, tim berjuluk The White Falcons tertinggal di awal laga melalui gol Muhsen Al Ghassani di menit delapan.

Tim Kirgistan baru dapat menyamakan kedudukan mereka setelah Joel Kojo menjebol gawang Oman pada menit ke-80.

Lewat hasil ini, Oman hanya mengantongi poin dua sehingga gagal menjadi salah satu peringkat tiga terbaik mengamankan tiket ke-16 besar Piala Asia 2023.

Lolosnya skuad Shin Tae-yong ke babak 16 besar mencatatkan sejarah. Untuk pertama kalinya dalam empat keikutsertaan Piala Asia, Skuad Garuda selalu gugur di fase grup yakni pada tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Kabar ini pun disambut gegap gempita oleh para pecinta sepakbola di Tanah Air, baik di dunia nyata maupun media sosial.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (26/1/2024), keyword 'Kyrgyztan', 'Joel Kojo', dan '#AsianCup2023' trending topic di media sosial X alias Twitter.

Berbagai ucapan selamat untuk tim asuhan Shin Tae-yong hingga terima kasih kepada Joel Kojo pun seliweran di linimasa X.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com.

"Sejarah yang penuh keajaiban! Prestasi luar biasa Timnas Indonesia di Piala Asia. 🇮🇩⚽✨," ucap @d**** di media sosial.

"ALHAMDULILLAH 😭 haloo qatar airways tolong reschedule tiket timnas," kata @s**** di X Twitter.

Akun @y**** mencuitkan, ALHAMDULILLAH YA ALLAH 😭😭😭. JANTUNG GUAAAAA."

"Wkwkwkkwwk siapa sangka bang kojo kasih harapan," tulis @f**** di X Twitter.

"Hadirin sholat jumat yang full senyum," unggah @g****.

"Ikut kualifikasi paling bawah bgt, lolos peringkat ketiga paling akhir, masuk pot paling akhir,rank paling akhir, mudahan jadi tim yg paling akhir pulangg🤲," cuit @f**** soal Tim Merah Putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia Susul Thailand

Piala Asia 2023 Qatar menjadi ajang unjuk kebolehan para pemain terbaik di Benua Asia. Tak hanya para pemain berpengalaman, deretan pemain muda pun ingin memberikan yang terbaik untuk timnas yang dibelanya. Seperti 5 pemain berikut yang masuk dalam deretan 5 pemain termuda di ajang Piala Asia 2023. (AP Photo/Hussein Sayed)

Indonesia sendiri sudah menyelesaikan laga terahir fase grup Piala Asia 2023 pada Rabu kemarin. Saat itu pasukan STY harus mengakui keunggulan kandidat juara Jepang 1-3.

Kekalahan dari Jepang sempat membuat posisi Indonesia di ujung tanduk karena berada di posisi tiga klasemen Grup D dengan poin tiga saja. Indonesia cuma meraih satu kemenangan saat melawan Vietnam.

Lolos ke 16 besar membuat Indonesia menjadi negara Asia Tenggara kedua yang melaju di putaran kedua Piala Asia 2023 mengikuti jejak Thailand.


Klasemen Akhir Grup D

Gelandang Timnas Irak, Zidane Iqbal (kiri) mengontrol bola untuk melewati gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Minggu, 14 Januari 2024

Jepang vs Vietnam (Stadion Al Thumama): 4-2

Senin, 15 Januari 2024

Indonesia vs Irak (Stadion Ahmad bin Ali): 1-3

Jumat, 19 Januari 2024

Irak vs Jepang (Education City Stadium): 2-1

Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa): 0-1

Rabu, 24 Januari 2024

Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama): 3-1

Irak vs Vietnam (Stadion Jassim bin Hamad): 3-2

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya