Mengenal Lebih Dekat Proses Produksi Canggih Smartphone oleh Tenaga Lokal

Pelajar SMKN 4 Tangerang melakukan kunjungan ke pabrik Oppo Indonesia untuk melihat langsung proses pembuatan dan quality control sebuah smartphone.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 30 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 08:30 WIB
Oppo
Melihat lebih dekat proses perakitan smartphone Oppo yang ada di Indonesia. (Dok: Oppo Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Pelajar SMKN 4 Tangerang baru saja melakukan kunjungan ke pabrik Oppo Manufacturing Indonesia. Kunjungan itu tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tapi juga membawa wawasan baru tentang Oppo berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dengan investasi yang besar di sektor manufaktur, Oppo berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja yang didominasi pekerja lokal atau tenaga kerja Indonesia sebesar 98 persen.

Hal ini tentu berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan pengembangan industri teknologi dalam negeri. Lewat teknologi dan inovasi, Oppo turut mendorong peningkatan daya saing Indonesia di pasar global.

Dalam kunjungan ke pabrik Oppo, pelajar SMKN 4 Tangerang bisa belajar langsung tentang proses produksi yang canggih, quality control yang ketat, dan melihat lebih dekat proses smartphone dibuat, dan siapa saja yang membuatnya.

Selama kunjungan, pelajar SMKN 4 Tangerang diajak mengikuti tur ke berbagai area pabrik, yang dimulai dari Lobby & Experience Area. Di area itu, para pelajar diperkenalkan dengan produk terbaru Oppo dan menjajal langsung fitur AI canggih.

Melalui siaran pers yang diterima, Jumat (30/8/20240), para pelajar kemudian mengunjungi Miletsone Area. Di area ini, mereka diperkenalkan dengan sejarah perjalanan Oppo, mulai dari peluncuran produk pertama hingga inovasi dan capaiannya.

Setelah itu, di Quality Check Lab, mereka akan menyaksikan cara produk Oppo diuji dengan serangkaian tes ketahanan yang ketat untuk memastikan kualitas terbaik.

Pada sesi Product Knowledge, para pelajar diberikan penjelasan mendalam tentang detail produk dan teknologi HP Oppo. Kemudian, mereka diajak melihat Production Line Area untuk melihat lebih dekat seluruh proses perakitan perangkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Workshop Perakitan Smartphone Langsung dari Ahli

Oppo Indonesia
Pelajar SMKN 4 Tangerang melakukan kunjungan ke pabrik Oppo Indonesia. (Dok: Oppo Indonesia)

Kemudian, di Interactive Area, para pelajar berkesempatan mengikuti workshop dengan mencoba langsung pengalaman merakit perangkat Oppo bersama Expert dari pabrik Oppo.

Setelahnya, siswa-siswi diajak dalam seminar yang membahas soal AI dan inovasi produk Oppo. Seminar ini berfokus pada teknologi AI Generatif yang dikembangkan Oppo.

"Aku senang banget bisa lihat langsung bagaimana smartphone dibuat, rasanya keren banget! Ternyata prosesnya lebih rumit dari yang aku bayangkan, ada banyak mesing canggih yang digunakan, dan semua terorganisir dengan baik," tutur salah satu siswa bernama Putri.

Sementara pelajar lain bernama Ahmad menuturkan,"Sekarang aku jadi lebih menghargai teknologi dan inovasi. Aku jadi paham bahwa di balik setiap gadget yang kita pakai, ada banyak orang bekerja keras untuk membuatnya."

Melalui program ini, Oppo berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih tertarik dan terlibat dalam pengembangan teknologi di masa depan. Perusahaan juga terus berkomitmen mendukung pendidikan dan pengembangan generasi muda di masa depan.


Oppo A3x Rilis di Indonesia, HP Tahan Banting Harga Mulai Rp 1,6 Juta

Oppo A3x
Oppo A3x resmi hadir di pasar Indonesia dengan menawarkan ketahanan luar biasa untuk para penggunanya. (Dok: Oppo Indonesia)

Oppo resmi mengumumkan kehadiran Oppo A3x ke pasar Indonesia. Smartphone ini disebut menawarkan ketahanan yang mumpuni untuk menemani aktivitas sehari-hari penggunanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (20/8/2024), Oppo A3x dilengkapi dengan bodi yang diperkuat serta kaca tempered ganda untuk melindungi smartphone dari jatuh dan benturan sehari-hari.

Smartphone ini disebut telah menerima sertifikasi MIL-STD 810H serta sertifikasi standar SGS. Perangkat ini juga memiliki rating Ip54 untuk ketahanan air dan debu.

Oppo juga menyertakan fitur Splash Touch yang memungkinkan pengguna tetap memakai smartphone ini, meski dalam keadaan agak basah. Perangkat ini memiliki dua warna, Nebula Red dan Ocean Blue yang dibuat dengan proses Oppo Glow.

HP Oppo terbaru ini dipersenjatai baterai 5.100mA yang mendukung fast charging 45W SuperVOOC Flash Charge. Oppo mengklaim, dengan kemampuan itu, baterai smartphone ini bisa terisi penuh 100 persen dalam waktu 75 menit.


Dapur Pacu Oppo A3x

Untuk dapur pacu, HP Oppo ini didukung Snapdragon 6s Gen 1 yang dipadukan RAM hingga 6GB dan ROM hingga 128GB. Oppo A3x pun telah lulus uji Perlindungan Kelancaran 36 bulan.

Smartphone ini memiliki layar 6,67 inci dengan refresh rate 90Hz dan kecerahan puncak 1.000 nits. Ada pula Mode Ultra Volume yang mampu meningkatkan volume speaker hingga 300 persen.

Dari sisi fotografi, ada kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Kemampuan fotografi A3x ditunjang pula sejumlah fitur seperti AI Portrait Retouching, Dual View Video, dan Retouching Video.

Untuk mengetahui daftar harga Oppo A3x di pasar Indonesia, simak informasi lengkapnya berikut ini

Harga Oppo A3x

  • RAM 4GB/ROM 64GB : Rp 1.599.000
  • RAM 4GB/ROM 128GB : Rp 1.999.000
  • RAM 6GB/ROM 128GB : Rp 2.299.000
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya