10 Pengaturan Rahasia di iPhone yang Wajib Kamu Coba

Ternyata, ada beragam pengaturan rahasia di iOS yang bisa membuat iPhone kamu lebih personal. Cek informasi lengkapnya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 08 Sep 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 19:00 WIB
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk?
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - iPhone terkenal sebagai HP yang sangat mudah dikustomisai. Mulai dari casing, layar utama, sampai aplikasi, kamu bisa bikin iPhone jadi "punya kamu banget."

Nah, sekarang, dengan iPhone 16 yang bakal dirilis, opsi personaliasi iOS yang dihadirkan Apple pun disebut akan semakin banyak.

Tapi, apakah kamu tahu? Masih banyak pengaturan rahasia yang mungkin belum kamu sentuh, loh! dari cara hemat baterai sampai bikin shortcut otomatis buat play playlist favorit waktu kamu sampai di gym.

Jadi, kalau kamu merasa pengaturan iPhone kamu masih terlihat membosankan, coba intip tips ini!

Lihat Pengaturan iOS yang Bisa Kamu Ubah Sekarang

1. Hentikan Aplikasi Melacak Lokasi Kamu Secara Akurat

Aplikasi seperti Doordash atau Gojek memang butuh lokasi akurat supaya pesanan kamu sampai tepat, tapi tidak semua aplikasi harus tahu lokasi kamu persis, bukan?

Untuk itu, kamu bisa atur supaya aplikasi tertentu hanya bisa mengetahui perkiraan lokasi saja. 

Caranya gampang, tinggal buka Settings > pilih aplikasi (misal Instagram) > Location > matikan Precise Location. Dengan begitu, aplikasi cuma tahu lokasi kamu dalam radius beberapa kilometer saja.

2. Jadikan Bagian Belakang iPhone Tombol Rahasia

Tahukah kamu? Apple juga membuat bagian belakang iPhone bisa jadi tombol rahasia buat aktifkan fitur kayak screenshot, nyalain low power mode, atau menjalankan shortcut otomatis memainkan musik di gym.

Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Accessibility > Touch > Back Tap. Kamu bisa pilih mau aktifkan double tap atau triple tap, lalu pilih deh aksinya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Cuma itu, Masih ada 8 Rahasia Lagi yang Harus Kamu Tahu

iOS 18
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)

3. Aktifkan Live Voicemail untuk Transkripsi Pesan Suara Real-Time

Dengan iOS 17, kamu bisa membaca pesan suara secara real-time! Jadi, kalau ada yang sedang meninggalkan voicemail, kamu bisa langsung membacanya dan memutuskan mau mengangkat telepon atau tidak.

Fitur ini bisa diaktifkan di Settings > Phone > Live Voicemail.

4. Kembalikan Notifikasi Panggilan ke Layar Penuh

Kangen dengan tampilan panggilan masuk yang layar penuh? Kamu bisa mengembalikan notifikasi panggilan ke mode full screen dengan buka Settings > Phone > Incoming Calls > pilih Full Screen.

5. Matikan 5G untuk Hemat Baterai

Kalau kamu merasa baterai iPhone cepat habis gara-gara 5G, kamu bisa matikan dan pakai 4G LTE saja. Caranya, buka Settings > Cellular > Voice & Data > pilih LTE.

6. Atur Penggunaan Data di Jaringan 5G

Masih pakai 5G? Kamu bisa atur seberapa banyak data yang dipakai di Settings > Cellular > Data Mode. Pilih antara Allow More Data on 5G, Standard, atau Low Data Mode sesuai kebutuhan kamu.


Rahasia iOS yang Jarang Diketahui Pengguna

iOS 18 Hadir dengan AI Canggih di Safari dan Fitur Keamanan Baru, Apa yang Baru?
iOS 18 Hadir dengan AI Canggih di Safari dan Fitur Keamanan Baru, Apa yang Baru? (Doc: Apple)

7. Setop Aplikasi Baru Mengacaukan Layar Utama 

Terganggu dengan aplikasi baru yang selalu muncul di layar utama? Kamu bisa atur supaya aplikasi baru cuma terlihat di App Library aja. Buka Settings > Home Screen & App Library, lalu pilih App Library Only.

8. Buka Kunci iPhone dengan Masker

Merasa susah membuka kunci iPhone pakai Face ID saat menggunakan masker? Di iOS versi terbaru, kamu bisa aktifkan Face ID With a Mask di Settings > Face ID & Passcode. Super praktis!

9. Membuat Address Bar Safari ke Atas

Kurang nyaman dengan posisi address bar Safari di bawah? Kamu bisa pindahkan ke atas lagi dengan buka Settings > Safari > pilih Single Tab.

10. Aktifkan Fitur Saat iPhone Terkunci

Ada kalanya kamu butuh akses cepat ke fitur tertentu walau layar iPhone terkunci. Kamu bisa atur fitur seperti Control Center atau Wallet yang bisa diakses tanpa buka kunci.

Caranya buka Settings > Face ID & Passcode > sesuaikan preferensi kamu di bagian Allow Access When Locked. Gimana, keren kan?   

Segera coba dan bikin iPhone kamu makin personal sesuai gaya kamu!

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya