6 Aplikasi Windows Phone Penunjang Ibadah Ramadan

Walau ekosistem dianggap tak sebaik Android dan iOS, tapi banyak aplikasi di Windows Phone untuk jadi penunjang ibadah Ramadan.

oleh Adhi Maulana diperbarui 09 Jul 2013, 07:38 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2013, 07:38 WIB
aplikasi-ramadhan-130708b.jpg
Bila dibandingkan dengan toko aplikasi Google Play Store (Android) dan Apple AppStore (iOS), ekosistem toko aplikasi Windows Phone Store yang diperuntukkan bagi perangkat berbasis Windows Phone pertumbuhannya memang tergolong lambat. Namun, akhir-akhir ini pihak Microsoft selaku pembesut sistem operasi Windows Phone telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keberagaman aplikasi di Windows Market. 

Hasilnya ternyata cukup memuaskan. Dengan menggaet sejumlah produsen perangkat pengusung sistem operasi Windows Phone dan pengembang aplikasi indie, kini ketersediaan aplikasi di Windows Phone Store semakin meningkat.

Untuk menyambut Bulan suci Ramadhan 1434 H, tim Liputan6.com akan merangkum 6 aplikasi yang tersedia di Windows Phone Store untuk menemani Anda menjalani ibadah puasa. 

1. Quran

Aplikasi ini merupakan sebuah Al-Quran reader yang dikembangkan oleh developer aplikasi bernama Sama Apps. Dengan tampilan gambar beresolusi tinggi, Anda dapat membaca ayat-ayat Al-Quran dengan jernih. Dalam aplikasi ini, seluruh tampilannya menggunakan huruf Arab, sehingga Anda dapat membaca Al Quran sekaligus mengasah kemampuan berbahasa Anda.


2. Tausiyah

Sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, tak ada salahnya Anda  mencoba aplikasi yang satu ini. Aplikasi Tausiyah menghadirkan artikel-artikel Islami. Tausiyah memiliki fitur auto refresh yang akan meng-update artikel-artikel terbaru sesuai kebutuhan Anda. Tak lupa, Anda juga dapat membagi artikel yang Anda baca melalui email atau SMS.


3. we.Muslim

Aplikasi ini memuat jadwal salat di berbagai belahan dunia. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menentukan arah kiblat dengan tepat dengan menggunakan metode kalkulasi deteksi otomatis.



Jaga Kebugaran

4. Vitamin World

Aplikasi ini bisa dijadikan referensi untuk mengetahui kandungan vitamin dari asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Jadi ketika yang dibutuhkan vitamin B misalnya, aplikasi ini akan menyarankan makanan yang cocok dengan kandungan vitamin tersebut. Secara teknis, aplikasi ini bekerja layaknya sebuah kamus atau ensiklopedia.


5. My Calorie


Aplikasi ini semacam perpaduan antara ‘buku pintar’ dan kalkulator yang dapat menginformasikan berapa besar kandungan kalori dari makanan yang kita konsumsi. Misalnya, suatu ketika Anda makan di restoran dan mengonsumsi sepiring steak. Aplikasi dapat dengan mudah memperkirakan jumlah kalori yang terkandung di dalam makanan pesanan Anda. Begitu pun ketika Anda menambahkan menu lainnya, layaknya kalkulator, aplikasi akan menghitung total kalori yang dikonsumsi.

6. Calorie Counter



Cara kerjanya tak jauh berbeda dengan aplikasi My Calorie. Namun informasi yang disediakan tidak berhenti pada seberapa besar kandungan kalori dalam makanan yang dikonsumsi, melainkan menginformasikan pula padanan makanan pengganti yang lebih sehat. Dengan kata lain, aplikasi ini akan menyediakan alternatif menu makanan yang jauh lebih sehat.

(dhi/gal)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya