Facebook Resmi Akuisisi Pengembang Aplikasi Penerjemah

Aplikasi Jibbigo memiliki kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan input teks ataupun suara ke bahasa lain.

oleh Adhi Maulana diperbarui 14 Agu 2013, 18:15 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2013, 18:15 WIB
facebook-130814b.jpg

Tampaknya Facebook tak main-main untuk segera turut 'bermain' di segmen perangkat mobile. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu baru saja resmi mengakusisi Mobile Technologies, pengembang aplikasi penerjemah bernama Jibbigo bagi perangkat Android dan iOS.

Aplikasi Jibbigo sendiri telah hadir sejak tahun 2009 silam dan memiliki kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan input teks ataupun suara ke bahasa lain. 

Seperti yang dilansir laman Techcrunch, Rabu (14/8/20130), Director Product Management Facebook, Tom Stocky mengatakan bahwa langkah mengakuisisi Mobile Technologies merupakan bagian dari investasi jangka panjang Facebook.

Menurutnya, aplikasi penerjemah dan teknologi pengenalan suara akan menjadi bagian yang sangat vital pada perangkat mobile di masa mendatang. Stocky juga meyakini nantinya navigasi berbasis suara akan menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah perangkat mobile.

Langkah Facebook ini tampaknya sebagai reaksi menyusul hadirnya fitur navigasi suara Google Now besutan Google. Sementara itu, Apple dengan fitur navigasi suara Siri bahkan sudah lebih dulu dikenal oleh banyak pengguna perangkat mobile.

Hingga saat ini, belum ada keterangan yang menjelaskan bagaimana nasib aplikasi Jibbigo ke depannya. Namun, besar kemungkinan untuk sementara aplikasi Jibbigo bakal diintegrasikan dengan layanan Bing Translator yang selama ini dimafaatkan Facebook di situs jejaring sosial mereka. (dhi/gal)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya