Ini Biang Kerok Rupiah Anjlok hingga Rp 12 Ribu

Sejumlah pemicu pelemahan nilai tukar rupiah meskipun dinilai hanya bersifat sementara.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 24 Jun 2014, 19:40 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2014, 19:40 WIB
Penurunan Rupiah 2 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah akhirnya kembali anjlok ke level Rp 12 ribu per dolar Amerika Serikat (AS). Kondisi tersebut dipicu beberapa faktor musiman. 
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung atau CT menyebut sejumlah pemicu pelemahan nilai tukar rupiah meskipun dinilai hanya bersifat sementara. 
 
"Rupiah itu faktornya suplai dan demand. Demand-nya lagi tinggi, tapi suplai berkurang karena faktor musiman yang kerap terjadi di pertengahan tahun," ujar dia di Jakarta, Selasa (24/6/2014). 
 
Beberapa penyebabnya, kata CT, antara lain karena ada fenomena pembagian dividen (keuntungan) dari perusahaan kepada pemilik modal di luar negeri. Sehingga terjadi aliran dana ke luar. 
 
"Selain itu ada pembayaran utang dan bunga, serta terkait dengan kebutuhan dolar untuk keperluan impor dalam menghadapi lebaran. Itu faktor musiman, jadi jangan khawatir," jelasnya. 
 
Sementara soal persiapan pemilihan umum (pemilu) presiden, menurut CT tak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah. "Kalau pemilu berhasil dengan baik, nggak ada keributan, (rupiah) nggak ada masalah," tukas dia. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya