APEC China Jadi Ajang Pertama Jokowi di Forum Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah jauh hari menerima undangan untuk hadir di KTT APEC China

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 28 Okt 2014, 15:01 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2014, 15:01 WIB
Luapan Bahagia Menteri Kabinet Kerja Usai Diumumkan Presiden
Presiden Jokowi yang ditemani Wakil Presiden, Jusuf Kalla beserta istri mengumumkan jabatan menteri yang akan memimpin 34 departemen (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah China akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Coorperation (KTT APEC) pada 7-11 November 2014. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sudah jauh hari menerima undangan untuk hadir di ajang pertemuan para pimpinan negara tersebut.

Jika benar hadir, KTT APEC akan menjadi ajang internasional pertama bagi Jokowi yang baru dilantik pekan lalu. Undangan untuk Jokowi sebenarnya telah diterima sejak pertengahan September. Kala itu Utusan Pemerintah China Wang Jiarui menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta.

Maksud kedatangan ‎Vice-chairman of the Chinese People Political Consultative Connfrence (CPPCC) tersebut adalah untuk menyampaikan ucapa selamat dari Presiden China Xi Jinping atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden.

Dalam kesempatan itu, Wang juga menyampaikan undangan Xi Jinping agar Jokowi hadir dalam KTT APEC yang akan digelar di China tahun ini. Jokowi diharapkan dapat bertemu dengan Presiden China melalui pertemuan yang akan digelar di Beijing tersebut seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (28/10/2014). (Baca juga: Kirim Utusan, Presiden China Ucapkan Selamat Kepada Jokowi)

Jokowi bahkan sudah menerima telepon langsung dari Xi Jinping yang mengundangnya hadir pada KTT APEC tersebut sesaat setelah dinyatakan sebagai Presiden Indonesia. Tahun ini untuk kedua kalinya, China menjadi tuan rumah forum APEC serupa.


Ingin Bertemu Obama

Jokowi ingin bertemu Obama

Usai acara pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2014, Jokowi sempat memberikan sinyal akan hadir di ajang internasional tersebut.

Malam usai pelantikan Jokowi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi sempat menyampaikan keinginannya untuk bertemu dengan Presiden AS Barack Obama.

(Baca juga: Bertemu Menlu AS, Jokowi Ungkapkan Keinginannya Bertemu Obama)

Bersama Kerry, Jokowi memang tak hanya membahas masalah perubahan iklim (climate change) saja. Dirinya juga membahas pertemuan Jokowi dengan Obama di forum APEC pekan depan.

Jika benar hadir, KTT APEC akan menjadi ajang eksis pertama Jokowi di kancah internasional. (Sis/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya