PLN Jamin Listrik Jakarta dan Tangerang Aman Saat Lebaran

PLN Disjaya menjamin pasokan listrik saat Hari Idul Fitri aman dari gangguan.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 14 Jul 2015, 21:04 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2015, 21:04 WIB
Foto ilustrasi listrik
(Foto: Dokumentasi PLN)

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang menjamin pasokan listrik saat Hari Idul Fitri aman dari gangguan.

General Manger PLN Disjaya Syamsul Huda mengatakan, agar umat Islam dapat merayakan lebaran dengan baik dan tenang, PLN Disjaya tetap menjaga kehandalan pasokan daya listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang secara optimal.

"Terutama penyediaan listrik saat Ramadan hingga Idul Fitri 1436 Hijriyah mendatang," kata Syamsul di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Perkiraan beban terendah pada siang saat hari Raya Idul Fitri di Jakarta yaitu 2.448,47 megawatt (MW) dan beban tertinggi malam 3.108,64 MW. Beban listnk pada hari Raya Idul Fitri di Jakarta berbeda dari beban puncak hari-hari biasa.

Pada hari biasa beban listrik Jakarta lebih tinggi pada siang hari karena banyaknya pelanggan bisnis dan industri yang beroperasi pada siang hari. Sedangkan pada Hari Raya Idul Fitri, beban listrik pada malam hari lebih tinggi karena jumlah aktifitas industri di siang hari relatif sedikit.

Ia mengungkapkan, kelistrikan Jakarta dan Tangerang terbagi dalam 12 subsistem, diperkuat dengan 72 buah gardu induk, 2.000 penyulang dan 18 ribu gardu distribusi, serta mampu melayani 4,5 juta pelanggan.

"Mengingat perkiraan beban puncak baik siang maupun malam adalah di bawah beban normal pada hari biasa maka pasokan daya ke wilayah DKI Jakarta Raya dan Tangerang dari Sistem Jawa Bali dalam kondisi aman," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya