Kementerian PANRB Beberkan 45 Besar Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2019

45 besar inovasi layanan publik ini nantinya diberi penghargaan oleh Wakil Presiden RI September mendatang.

oleh Athika Rahma diperbarui 14 Agu 2019, 21:22 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2019, 21:22 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengadakan konferensi pres di kantornya, Rabu (14/8/2019)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengadakan konferensi pres di kantornya, Rabu (14/8/2019)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) baru saja menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) guna mewujudkan gagasan One Agency One Innovation.

Dalam KIPP, terdapat puluhan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang menyumbangkan ide, gagasan dan terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Hingga saat ini, telah dipilih 45 pelayanan publik untuk nantinya diberi penghargaan oleh Wakil Presiden RI September mendatang.

Menteri PAN-RB, Syafruddin menyatakan Indonesia punya track record inovasi pelayanan publik yang baik. Kompetisi ini dapat menjadi wadah bergengsi mempertahankan track record tersebut.

"2 tahun berturut-turut Indonesia mendapat peringkat 1 di inovasi pelayanan publik. Sebelumnya juga dapat predikat terbaik. Kemudian 2018 lalu kita dapat award dari PBB," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (14/08/2019).

Adapun rincian inovasi layanan publik tersebut ialah: 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga dengan 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota dengan 9 inovasi dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layanan Publik Daerah Dapat Dana Insentif

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin. (Dok Kementerian PANRB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin. (Dok Kementerian PANRB)

Khusus bagi inovasi layanan publik dari daerah, Kementerian Keuangan akan memberi Dana Insentif Daerah (DID) agar realisasi inovasi dapat terwujud dengan baik.

Proses kompetisi tahun ini sendiri dimulai dari pendaftaran proposal pada Maret hingga proses desk evaluation. Dari 1.561 proposal yang lolos seleksi administrasi, terpilih 99 inovasi yang dikerucutkan lagi menjadi 45.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya