Ini Link Buat Unduh Berkas Syarat Penerimaan Polri 2022

Masyarakat yang berminat ikut penerimaan Polri 2022 dapat mengunduh berkas persyaratan dan mempersiapkannya terlebih dahulu.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Mar 2022, 13:15 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi Penerimaan Polri 2022.
Ilustrasi Penerimaan Polri 2022.

Liputan6.com, Jakarta Polisi Republik Indonesia (Polri) membuka pendaftaran setiap tahunnya. Untuk tahun ini, meskipun belum dibuka secara resmi, masyarakat yang berminat ikut penerimaan Polri 2022 bisa mempersiapkan persyaratan yang dapat dilihat melalui link https://penerimaan.polri.go.id/.

Pihak Polri memang belum menginformasikan kapan Penerimaan Polri 2022 dibuka. Namun, seperti yang tercantum dalam website resminya, masyarakat yang berminat untuk menjadi bagian dari anggota Polri dapat mengunduh berkas persyaratan dan mempersiapkannya terlebih dahulu.

“Mohon maaf pendaftaran belum dibuka. Silahkan download berkas persyaratan disini,” tulis informasi seperti mengutip laman penerimaan.polri.go.id, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, penerimaan Polri 2022 nanti kemungkinan akan membuka pendaftaran untuk Akademi Polisi (Akpol), Bintara, dan Tamtama.

Melalui situs tersebut, masyarakat yang berniat mendaftarkan diri bisa mengecek jadwal seleksi, tata cara pendaftaran, hingga petunjuk pakaian.

Di samping itu, website tersebut pun akan dijadikan sebagai platform untuk pendaftaran anggota Polri secara daring.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persyaratan Umum

Usai Dilantik Jokowi, Perwira TNI-Polri Menangis di Pelukan Orangtua
Perwira TNI-Polri menangis sambil memeluk orangtuanya usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019). Jokowi melantik 259 perwira Akademi Militer, 117 Angkatan Laut, 99 Angkatan Udara, dan 306 Polri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya, selain melengkapi berkas persyaratan yang diunduh melalui situs penerimaan.polri.go.id, pendaftar pun perlu memenuhi persyaratan umum dalam mengikuti penerimaan Polri.

Adapun persyaratan umum tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Kepolisian Nomor 2, di antaranya:

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), warga negara lain boleh asalkan ketika sudah mendaftar WNI

2. Sehat jasmani dan rohani

3. Tidak terlibat pidana

4. Minimal berusia 18 tahun

 

 


Administrasi Umum

Presiden Jokowi Berikan Pembekalan kepada 437 Capaja TNI-Polri
Ratusan Capaja Akademi TNI dan Polri Tahun 2017 hadir dalam pembekalan di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (24/7). 437 Taruna Akademi TNI mengikuti acara pembekalan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tidak itu saja, pendaftar juga perlu mempersiapkan administrasi umum. Hal ini pun diungkapkan oleh AKBP Eko Sunaryo dalam YouTube Penyediaan Personel.

“Sementara karena belum ada pendaftaran kami mengimbau kepada Sobat Polri sekalian bahwa mulai sekarang disiapkan dulu administrasi secara umum,” tuturnya.

Lebih lanjut, berikut ini administrasi umum yang perlu dilengkapi untuk bisa mengikuti penerimaan Polri 2022.

1. Ijazah asli maupun fotokopi (SD, SMP, SMA) yang sudah dilegalisir

2. Akta kelahiran

3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

4. Surat keterangan kesehatan

5. Foto berukuran 4x6 sebanyak 10 lembar atau lebih

Setelah mengetahui berkas persyaratan hingga administrasi umum, calon pendaftar anggota Polri 2022 lebih baik mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dari sekarang. Di samping itu, juga tak lupa mempersiapkan fisik, kesehatan, dan akademik agar dapat lolos seleksi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya