KA Cikuray dan Cibatu-Garut Efektif Beroperasi 25 Maret, Cek Harga Tiketnya

Jalur kereta api Cibatu-Garut kembali beroperasi setelag disetop operasinya pada 1983 lalu.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 24 Mar 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2022, 17:00 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan kembali mengoperasikan jalur KA Cibatu-Garut. Jalur ini digunakan terakhir pada 1983 lalu. (Dok KAI)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan kembali mengoperasikan jalur KA Cibatu-Garut. Jalur ini digunakan terakhir pada 1983 lalu. (Dok KAI)

Liputan6.com, Jakarta Jalur kereta api yang sempat vakum selama hampir 40 tahun kini akan kembali beroperasi normal. Yakni, jalur kereta api Cibatu-Garut yang disetop operasinya pada 1983 lalu.

Peresmian beroperasinya kembali jalur ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Bupati Garut Rudy Gunawan, Kamis (24/3/2022).

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak sehingga reaktivasi jalur Cibatu - Garut dapat terealisasi.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, Pemprov Jabar, Pemkab Garut serta kepada seluruh warga Kabupaten Garut atas dukungannya selama ini ke KAI,” katanya mengutip keterangan resmi, Kamis (24/3/2022).

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang terlibat aktif dan antusias dalam mendukung reaktivasi lintas Garut - Cibatu sejak awal, hingga akhirnya pada hari ini kita bersama-sama menjadi bagian dari sejarah pengoperasian kembali jalur Garut-Cibatu,” paparnya.

KA Cikuray dan KA Garut Cibatuan melayani masyarakat mulai 25 Maret 2022 dan tiketnya dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KA Cikuray menggunakan tarif Public Service Obligation (PSO) yaitu Rp45.000 untuk rute Garut - Pasar Senen pp. Serta Rp15.000 khusus untuk rute Garut - Purwakarta pp yang hanya dijual secara go show mulai 3 jam sebelum keberangkatan.

Adapun KA Garut Cibatuan juga termasuk KA Lokal PSO dengan tarif yaitu Rp6.000 s.d Rp14.000 tergantung jarak perjalanan.

Setelah direaktivasi, kini Stasiun Garut memiliki bangunan baru yang menyediakan ruang pelayanan pelanggan, ruang VIP, ruang laktasi, pos kesehatan, ruang keamanan, masjid, toilet difabel, area UMKM, area komersial, ATM, area bermain anak, dan fasilitas lainnya. KAI juga masih menjaga keaslian gedung Stasiun Garut yang lama sebagai bentuk pelestarian bangunan bersejarah.

Didiek menyebut, dengan adanya transportasi kereta api ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Garut. Utamanya terkait kebangkinan wisara, termasuk membantu pengusaha kecil sekitar stasiun. Mendukung ini, KAI juga mengahadirkan Pojok UMKM di Stasiun Garut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Kereta Api

Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Garut Rudy Budiman serta tokoh masyarakat Garut meresmikan pengoperasioan jalur Stasiun Kereta Api Garut, Jawa Barat.
Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Garut Rudy Budiman serta tokoh masyarakat Garut meresmikan pengoperasioan jalur Stasiun Kereta Api Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

KA Cikuray merupakan KA Jarak Jauh yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas total 560 tempat duduk. KA Cikuray memiliki 2 jadwal keberangkatan yaitu:

1.    KA 7047 Relasi Garut - Pasar Senen berangkat Garut pukul 07.05 datang Pasar Senen pukul 13.32

2.    KA 7048 Relasi Pasar Senen - Garut berangkat Pasar Senen pukul 17.55 datang Garut pukul 00.53

Adapun KA Garut Cibatuan merupakan KA Lokal yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas total 1.113 pelanggan. Pada masa pandemi kapasitas maksimal Kereta Api Lokal yaitu 70 persen dari kapasitas maksimal, sehingga kapasitasnya menjadi 780 pelanggan. KA Garut Cibatuan memiliki 4 jadwal keberangkatan yaitu:

1.   KA 451E Relasi Garut – Padalarang berangkat Garut pukul 06.05 datang Padalarang pukul 10.23

2.   KA 441E Relasi Garut – Purwakarta berangkat Garut pukul 10.55 datang Purwakarta pukul 17.15

3.   KA 448E Relasi Purwakarta – Garut berangkat Purwakarta pukul 04.10 datang Garut pukul 10.29

4.   KA 442E Relasi Purwakarta – Garut berangkat Purwakarta pukul 16.15 datang Garut pukul 22.23

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya