Kenali Apa Salmonella dan Cara Menghindarinya, Picu Penarikan Cokelat Kinder di Eropa

Produsen cokelat Italia Ferrero mengumumkan penarikan produk Kinder Surprise di Eropa, karena kemungkinan kaitan dengan sejumlah kasus salmonella.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 06 Apr 2022, 20:12 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2022, 20:11 WIB
Terkait Wabah Salmonella, Telur Kinder Suprise Ditarik dari Inggris
Ilustrasi bakteri Salmonella. (dok. WikiImages/Pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Produsen cokelat Italia Ferrero, mengejutkan publik Eropa ketika mengumumkan penarikan atas produk cokelat Kinder Surprise di wilayah tersebut, karena kemungkinan kaitan dengan sejumlah kasus salmonella

Ferrero mengungkapkan, penarikan telur cokelat Kinder ini menyangkut produk dari pabrik Ferrero di Kota Arlon, Belgia, yang dijual di Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Swedia.

Lantas, apa itu salmonella, dan bagaimana cara menghindarinya?

Dikutip dari AFP, Rabu (6/4/2022) Salmonella merupakan bakteri yang  sering menyebabkan penyakit ringan, tetapi dapat berbahaya dalam kasus yang ekstrim.

Nama bakteri tersebut diambil dari penemunya yang berprofesi sebagai dokter hewan di Amerika yakni, Daniel Elmer Salmon.

Penyakit yang disebabkan salmonella sering terjadi ketika seseorang memakan makanan yang terkontaminasi dengan kotoran hewan yang terinfeksi, menurut Pusat Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Bahaya salmonella juga bisa terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang seperti daging dan telur, atau menyentuh makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Sementara infeksi yang disebabkan oleh salmonella, tergantung pada jenis bakteri dan jumlah yang dikonsumsi.

CDC juga menyebut, meski diperkirakan 94 persen kasus salmonella ditularkan melalui makanan, kontak dengan anak ayam dan kura-kura peliharaan juga dapat menjadi sumber infeksi.

Bagaimana cara menghindari bahaya salmonella pada makanan?

Untuk menghindari salmonella, setiap orang harus mencuci tangan sebelum memasak, memisahkan makanan mentah dari yang lain, dan secara teratur memastikan makanan yang hendak dikonsumsi higenis.

Memasak daging dengan matang juga sangat dianjurkan.

Menghindari makan telur mentah, dalam makanan seperti adonan kue dan es krim buatan sendiri, juga dianjurkan, menurut Mayo Clinic di Amerika Serikat.

Mencuci tangan setelah menggunakan toilet juga akan membantu membatasi penularan salmonella.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penarikan Produk Cokelat Kinder di Prancis Dilakukan Sebagai Upaya Pencegahan

Terkait Wabah Salmonella, Telur Kinder Suprise Ditarik dari Inggris
Ilustrasi Kinder Surprise. (dok. Instagram @daisyfirstaidbracknell/https://www.instagram.com/p/Cb9hp6jJ3id/Dinny Mutiah)

Otoritas kesehatan di Prancis mengumumkan penarikan produk cokelat Kinder setelah menemukan 21 orang sakit, dan 15 orang mengonsumsi produk terkait. 

Meski belum ada bukti produknya  memiliki kaitan dengan wabah salmonella, pihak Ferrero tetap melakukan penarikan secara sukarela. 

Penarikan ini pun mencakup beberapa ratus ton produk, sebagai tindakan pencegahan.

"Tidak ada produk Kinder kami yang beredar di pasar yang terbukti positif salmonella dan kami belum menerima keluhan dari konsumen," demikian pernyataan Ferrero di situs web Prancisnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya