Tol Trans Sumatera Buka 2 Ruas Baru saat Mudik dan Balik Lebaran 2022

Fungsional kedua ruas Tol Trans Sumatera dilakukan guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik di mudik Lebaran 2022 ini.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 25 Apr 2022, 10:28 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2022, 10:28 WIB
PT Hutama Karya (Persero) akan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama musim mudik Lebaran 2022.
PT Hutama Karya (Persero) akan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama musim mudik Lebaran 2022. Foto: Hutama Karya

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Karya (Persero) akan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama musim mudik Lebaran 2022.

Kedua ruas yang dibuka saat Lebaran 2022 tersebut yakni, Ruas Tol Pekanbaru-Pangkalan seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 Km. Kemudian, ruas tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 km.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik/balik Lebaran 2022, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan, fungsional kedua ruas tol tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik tahun ini.

"Sesuai arahan Kementerian PUPR dalam mendukung arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2022, kami mengoptimalkan pelayanan di ruas-ruas yang telah beroperasi secara penuh," ujar Koentjoro, Senin (25/4/2022).

"Tahun ini kami akan membuka secara fungsional dua ruas baru di Jalan Tol Trans Sumatera, yakni Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung," terang dia.

Sebelumnya, sebagai upaya untuk mempersiapkan secara fungsional dua ruas toltersebut, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022 di Tol Bengkulu-Taba Penanjung dan peninjauan langsung oleh Konsultan PMO untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik, khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau," tutur Koentjoro.

Fungsional kedua ruas tol tersebut akan dibuka pada arus mudik H-7 (26 April 2022) dan arus balik H+7 (9 Mei 2022). Untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang, jam operasionalnya dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Sementara jam operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, serta lajur yang dibuka untuk fungsional yakni 1 (satu) arah. Adapun kedua ruas tol tersebut diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil (Golongan I).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Uji Coba Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek Jelang Mudik Lebaran Dimulai 25 April 2022 Ini

Tol Cikampek
Ilustrasi lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol sebagai persiapan arus mudik Lebaran 2022. Rekayasa salah satunya penerapan ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) dimulai pada Senin, 25 April 2022 ini.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, jadwal dan lokasi pelaksanaan rekayasa di jalan tol telah ditentukan Kepolisian RI (Polri).

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Polri, Heru menambahkan, apabila terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow.

"Selain itu, jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way. Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman," terangnya, Senin (25/4/2022).

Berikut detil pelaksanaan uji coba aturan ganjil genap menjelang arus mudik Lebaran 2022:

1. Senin, 25 April 2022, pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) hingga Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 70.

2. Selasa, 26 April 2022, pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) hingga GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali Km 188.

3. Rabu, 27 April 2022, pukul 10.00-17.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) hingga GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang Km 414.

Jasa Marga bakal mendukung kebijakan ganjil genap atas diskresi Polri, sebagai bentuk kolaborasi bersama Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, serta Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Heru berharap masyarakat yang akan melakukan mudik mengetahui informasi ini, serta mengikuti jadwal pelaksanaannya, perambuan dan arahan petugas.

"Kami imbau masyarakat dapat mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan. Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap," tutup Heru.


Uji Coba Ganjil Genap di Tol Trans Jawa Saat Arus Mudik Dimulai Hari Ini

Pemudik Mulai Padati Tol Trans Jawa
Ilustrasi Tol Trans Jawa. Merdeka.com

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjadwalkan uji coba penerapan ganjil genap di sejumlah ruas Tol Trans Jawa dalam rangka mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Uji coba penerapan ganjil genap ini dilakukan mulai hari ini, Senin (25/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022) mendatang.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, uji coba ganjil genap ini dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui adanya aturan tersebut selama arus mudik Lebaran 2022.

"Agar masyarakat yang akan mudik mengetahui informasi serta mengikuti jadwal pelaksanaannya," tutur Dedi dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Dedi meminta semua pihak dapat mematuhi aturan dan perintah petugas di lapangan selama pelaksanaan ganjil genap.

Rekayasa lalu lintas ganjil genap itu nantinya akan didukung oleh penerapan kebijakan contra flow (lawan arah) dan one way (satu arah) secara situasional, apabila terjadi kepadatan hingga melebihi batas maksimal.

"Bagi yang tidak sesuai dengan keputusan bersama ini dapat melalui jalur arteri atau alternatif," kata Dedi Prasetyo.

 

 

Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya