Sibuk KTT G20, Erick Thohir Ngaku Cuma Tidur 2 Jam

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ikut sibuk dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 16 Nov 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 11:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022). Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ikut sibuk dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. (dok: KBUMN)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ikut sibuk dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Bahkan, dia hanya nemiliki waktu yang singkat untuk istirahat.

Tak hanya Erick Thohir, sejumlah menteri lainnya pun ikut sibuk selama perhelatan KTT G20. Misalnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Erick mengisahkan, tiap-tiap menteri bergantian dalam menyambut tamu G20. Alhasil, waktu istirahatnya terpangkas jadi semakin sempit.

"Silih berganti menyambut kedatangan para tamu negara di KTT G20, tak sadar baru sempat tidur dua jam. Mohon doanya untuk kelancaran acara dan membuat harum nama Indonesia," ujarnya, mengutip unggahan Instagram @erickthohir, Rabu (16/11/2022).

Salah satu tamu yang disambut Erick adalah Presiden FIFA, Gianni Infantino. Keduanya disebut-sebut memiliki kedekatan sejak lama. Alasannya, Erick memiliki pengalaman cukup panjang di bidang olahraga.

"Memulai hari dengan sarapan bersama Presiden FIFA, Mr. Gianni Infantino, dan tim yang baru saja mendarat di Pulau Dewata," ungkapnya.

"Kedatangan Mr. Gianni adalah bentuk dukungan terhadap transformasi sepak bola Indonesia, sekaligus menyuarakan Indonesia layak dan aman untuk ajang olahraga internasional," imbuh Erick Thohir.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemajuan Olahraga Sejalan dengan Ekonomi

Lexus UX300e
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center. (TAM)

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kalau kemajuan olahraga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Ini jadi salah satu optimisme memandang kemajuan olahraga Indonesia kedepannya.

Erick melihat, ini juga jadi bukti kedatangan dari International Olympic Committee (IOC) dan FIFA ke Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Menurutnya, optimisme yang sama dipandang oleh kedua organisasi internasional tersebut.

Menurut Erick, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan prospek market yang luas membuat kedua organisasi olahraga internasional optimistis olahraga Indonesia akan turut berkembang.

"Sejak pembukaan G20 ini, semua negara memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Indonesia atas kemajuan dan prospek masa depan Indonesia. Karena kemajuan olahraga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pasar yang besar, maka IOC dan FIFA juga melihat hal serupa dan keduanya siap memberikan dukungan bagi olahraga kita," ujar Erick Thohir usai menjamu Presiden IOC, Thomas Bach dan Presiden FIFA, Gianni Infantino di sela-sela G20 Leaders's Lunch di Apurva, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

 


Optimisme Erick

Presiden FIFA dan IOC hadir di KTT G20 Bali
Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari usai menjamu Presiden IOC, Thomas Bach dan Presiden FIFA, Gianni Infantino di sela-sela G2- Leaders's Lunch di Apurva, Bali, pada Selasa (15/11/2022). (Istimewa)

Dalam jamuan yang didampingi Ketua Indonesia Olympic Commitee, Raja Sapta Oktohari itu, Erick menjelaskan kehadiran Thomas Bach dan Gianni Infantino juga bertujuan untuk memperkuat sinergitas dengan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan berlevel dunia.

"Sejak kesuksesan Asian Games 2018, dunia kian mengakui kemampuan Indonesia dalam menggelar event internasional. Baik soal teknis, fasilitas, maupun hospitality. Apalagi sebentar lagi kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20, lalu Kejuaraan Dunia Basket, World Beach Games, jadi saya pikir, jika IOC dan FIFA optimistis, maka kita harus lebih yakin bahwa olahraga kita bisa maju, termasuk industrinya," tambah Erick yang juga IOC Member.

Dengan semangat perdamaian dan sportifitas yang dijunjung tinggi olahraga, Erick menambahkan keberadaan IOC dan FIFA di G20 juga menyebarkan pesan bahwa olahraga harus menjadi pemersatu, mendamaikan, dan penghilang konflik.

"Pesan yang disampaikan IOC dan FIFA di G20, dan dikaitkan dengan konflik di belahan dunia lain, kita harus sadar olahraga itu seharusnya mendamaikan dan tidak memunculkan perpecahan. Ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita agar tak ada lagi kerusuhan atau konflik di olahraga dan sepakbola kita," ujarnya.

 


Transisi Energi Diakui Dunia

Menteri BUMN Erick Thohir dalam Launching Bersama Produk Warung Pangan, Kamis (16/9/2021).
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Launching Bersama Produk Warung Pangan, Kamis (16/9/2021).

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kalau upaya transisi energi di Indonesia telah diakui dunia. Menyusul berbagai langkah yang diambil pemerintah dan BUMN untuk memulainya.

Upaya ini sejalan dengan agenda prioritas dari Presidensi G20 yang akan mencapai puncaknya sebentar lagi. Erick Thohir menegaskan dalam mendorong terwujudnya transisi energi ini, kesiapan masyarakat dan industri di Indonesia menjadi hal yang tidak kalah penting.

Untuk itu, Erick menginisiasi dibentuknya PT Industri Baterai Indonesia / Indonesia Battery Corporation (IBC) pada Maret 2021 lalu sebagai bagian dari peta jalan pengembangan baterai kendaraan listrik yang dilakukan BUMN, hasil kerja sama Mind ID, Antam, PLN dan Pertamina.

"Terbukti apa yang kita lakukan terkait transisi energi mendapat perhatian dunia. Saya baru saja mendampingi Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Joe Biden, dan pemimpin negara besar itu memberikan dukungan penuh langkah Indonesia dalam melakukan transisi energi terbarukan. Bahkan, Joe Biden berkomitmen mendukung perbaikan dan pengembangan ekonomi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (14/11/2022).

Infografis Optimisme KTT G20 di Tengah Krisis Pangan, Energi, Keuangan
Infografis Optimisme KTT G20 di Tengah Krisis Pangan, Energi, Keuangan (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya