Luhut: Semua Kementerian Pakai Produk Lokal, Setara Investasi USD 100 Miliar

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, jika seluruh Kementerian menggunakan produk dalam negeri, nilainya bisa setara dengan investasi sebesar USD 100 miliar.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 13 Des 2022, 21:39 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 21:39 WIB
Menko Luhut Apresiasi Pengelolaan Sampah dan Kemajuan Produk UMKM di Banyuwangi
Menko Luhut melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur pada hari Sabtu, (19/3). Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, jika seluruh Kementerian menggunakan produk dalam negeri, nilainya bisa setara dengan investasi sebesar USD 100 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap besarnya dampak penggunaan produk dalam negeri. Bahkan, dia menyebut, jika seluruh Kementerian menggunakannya, nilainya bisa setara dengan investasi sebesar USD 100 miliar.

Hal ini sejalan dengan dorongan pemerintah lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Puncaknya, Kementerian BUMN bersama dengan Kemenko Marves, Kemenparekraf, hingga Kemenkominfo menggelar Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI).

"Saya lapor ke pak Presiden, rapat dengan teman-teman. Kalau bertahap bisa dilakukan (semua belanja) menjadi produk dalam negeri, di buat di dalam negeri dan dibeli oleh kementerian semua akan sama dengan investasi hampir USD 100 miliar,” ungkapnya dalam ABBI 2022, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022) malam.

Ini mengacu pada hitungannya soal Rp 1.200 triliun belanja pemerintah setiap tahunnya. Ditambah dengan belanja BUMN senilai Rp 400 triliun. Dengan begitu akan menggenjot perputaran ekonomi di masyarakat.

“Kita nyari investasi USD 5 sampai 10 miliar sudah pake segala macam. Ini dari kantong kiri aja kita pindah ke kantong kanan. Hanya dengan aturan dan ajak semua (Kementerian, Lembaga, dan BUMN),” paparnya.

Di sisi lain, Menko Luhut mengatakan kalau hal ini akan berdampak lebih luas lagi. Dengan target belanja Rp 400 triliun produk dalam negeri, akan berdampak pada terbukanya 2 juta lapangan kerja.

“BPS saya minta buat studi Rp 400 triliun target kita tahun ini. Kalau bisa dilakukan dan dibuat di dalam negeri akan berdampak pada 2 juta lapangan kerja dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi 1,7 persen on top. Ada yang diramal BI 5 persen, dampaknya besar,” tegasnya.

Untuk diketahui, ABBI 2022 merupakan ajang pemberian penghargaan bagi sejumlah UMKM dan IKM terbaik selama penyelenggaraan Gernas BBI. Gerakan ini disebut-sebut jadi bukti berhasilnya koordinasi antar kementerian dan lembaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keberpihakan BUMN ke UMKM

Seorang delegasi G20 tampak menyempatkan diri melihat berbagai produk UMKM asli NTT saat mengikuti sidang pertama pertemuan kedua Sherpa atau 2nd Sherpa Meeting di Labuan Bajo,.
Seorang delegasi G20 tampak menyempatkan diri melihat berbagai produk UMKM asli NTT saat mengikuti sidang pertama pertemuan kedua Sherpa atau 2nd Sherpa Meeting di Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Barat (NTT) pada Minggu (10/7/2022). (Sumber: InfoPublik.id)

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan posisinya dalam mendukung UMKM. Salah satunya melalui gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernae BBI).

Kementerian BUMN kali ini mendaoat bagian dalam menyelenggarakan Gernas BBI Kalimantan Barat dengan tajuk Corak-Corak Kalbar Membangun UMKM Kalbar Go Global. Setidaknya, helatan ini melibatkan 1.900 UMKM yang menjadi mitra BUMN.

"Kementerian BUMN, beserta BUMN akan terus hadir dalam upaya menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia. Dengan peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian sudah sejatinya kita perlu dukung dan dorong bersama, peningkatan kapasitas UMKM termasuk dalam berbagai bentuk program keberpihakan. Hal ini sebagai salah satu ikhtiar dalam membumikan produk lokal di Indonesia," ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Sabtu (10/12/2022).

Gernas BBI Kalbar ini melibatkan 1.900 UMKM mitra Rumah BUMN, dan mendorong 30 UMKM onboarding di Platform Digital (PaDi) UMKM. Program Gernas BBI Kalbar mampu menghasilkan kinerja yang baik.

UMKM Kalbar mampu mendapatkan akses permodalan yang dapat mendukung mereka naik kelas. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gernas BBI Kalbar turut mendukung penyaluran kredit digital UMKM (digiKU), yang digawangi Himbara, di Kalimantan Barat sebesar Rp200 miliar selama periode Agustus - Oktober 2022.

 


KUR

20151120-Target-KUR-30-triliun-di-2015-Jakarta-AY
Pekerja saat menyusun kursi dan meja di Jakarta, Jumat (20/11). Penyaluran kredit tersebut Melalui tiga Bank BUMN yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Negara Indonesia (BNI). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak hanya itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar mencapai lebih dari Rp4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Sementara itu, selama periode yang sama, tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp1,1 triliun.

"Pada penghujung tahun ini, Kementerian BUMN mengemban amanah sebagai movement manager Gernas BBI di Provinsi Kalimantan Barat. Berkat kolaborasi dan berbagai pemangku kepentingan , rangkaian kegiatan yang dimulai sejak September tahun 2022 telah berjalan baik dan dapat mendorong munculnya produk-produk daerah setempat yang makin memperkaya kreasi anak bangsa," bebernya.

Selama 3 bulan terakhir telah diselenggarakan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk kemajuan UMKM. Melalui pelatihan dan pendampingan bagi UMKM terkait prosedur ekspor, perluasan akses pemasaran dengan cara showcase produk secara luring di beberapa lokasi strategis.

Maupun secara daring melalui virtual expo paviliun Gernas BBI, serta business matching antara BUMN dan pelaku UMKM Kalimantan Barat.

 


Gelar ABBI 2022

Menteri BUMN Erick Thohir Evaluasi Kinerja Kerja dengan DPR
Menteri BUMN RI Erick Thohir mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Senin (5/12/2022). Rapat kerja membahas evaluasi pelayanan dan pencapain kinerja Kementerian BUMN RI Tahun 2022 serta rencana aksi pembinaan BUMN Tahun 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain Gernas BBI Kalbar, Kementerian BUMN dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi juga akan menggelar malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022 di Jakarta pada Selasa, 13 Desember 2022 mendatang.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi bagi para pelaku dan artisan UMKM, maupun Industri Kecil dan Menengah (IKM).

"Melalui Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022, para artisan UMKM maupun IKM terpilih akan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Indonesia. Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak para pelaku UMKM untuk terus semangat, ciptakan dan kembangkan produk berkualitas, perluas networking, serta manfaatkan berbagai peluang yang disediakan berbagai pihak dalam mendukung upaya UMKM naik kelas," tandas Erick.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya