Siap-siap, Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Naik Usai Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan penyesuaian tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pasca Lebaran 2023.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 13 Apr 2023, 13:40 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 13:40 WIB
Sebelum Natal, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi II-IV Siap Diresmikan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan penyesuaian tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pasca Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan penyesuaian tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pasca Lebaran 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan kenaikan tarif Tol Balikpapan-Samarinda ini sudah mendapat restu dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun, Lisye belum bisa menyebut secara pasti kapan itu bakal diimplementasikan.

"Yang paling dekat adalah Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Ini sedang memasuki tahap kedua untuk kita sosialisasikan, dalam waktu dekat akan disesuaikan tarif. Karena SK Menteri PUPR sudah keluar, kita dalam waktu dekat akan infokan tanggalnya," ujarnya di Proyek Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4/2023).

"Saya belum bisa mendahului. Tapi itu dalam waktu dekat sesuai jadwalnya memang ruas Tol Balikpapan-Samarinda," kata Lisye.

Namun, secara jadwal kenaikan tarif Tol Balikpapan-Samarinda diproyeksikan terjadi pada April 2023. "Bulan ini, akhir April," imbuh Lisye.

Mengutip informasi PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda, tarif untuk rute terjauh Tol Balikpapan-Samarinda dikenai ongkos Rp 125.500 untuk golongan I. Itu dari Gerbang Tol (GT) Simpang Jembatan Mahkota 2 ke GT Manggar maupun sebaliknya.

Lebih lanjut, Lisye mengutarakan, Jasa Marga rencananya juga bakal menaikan tarif pada sejumlah ruas tol pada tahun ini. Namun, informasi lebih lanjut masih rahasia. "Yang lain nanti belum bisa saya sampaikan. Memang sudah banyak yang jatuh waktunya di tahun ini. Nanti kalau sudah waktunya kita sampaikan lagi jadwal-jadwalnya," pungkasnya.

 


Ada Diskon Tarif Tol 20 Persen saat Mudik Lebaran, Ini Lokasi dan Waktunya

Tarif empat ruas Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Waskita Toll Road akan naik pada 19 Agustus 2021. (Dok Jasa Marga)
Tarif empat ruas Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Waskita Toll Road akan naik pada 19 Agustus 2021. (Dok Jasa Marga)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap memberikan diskon tarif tol 20 persen di beberapa jalan tol saat momen mudik Lebaran 2023.

Diskon tarif tol saat momen mudik Lebaran ini antara lain untuk jalan tol di Pulau Jawa, serta ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan ruas Tol Binjai-Medan di Sumatera.

"Tol di Jawa sudah saya setujui 20 persen diskon. Dua hari sebelum libur dan dua hari setelah libur. Kemarin sudah ada usulan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan melansir Antara, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Diskon tersebut diberikan dua hari sebelum periode cuti bersama Lebaran dan dua hari setelahnya.

Di Sumatera, tarif tol yang mendapat diskon 20 persen adalah ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan ruas Tol Binjai-Medan.

“Jadi saya kira yang mudik dan balik nanti ada diskon, terutama Bakauheni ke Terbanggi Besar-Kayu Agung dan sebaliknya,” kata dia.

Meski demikian, kata Basuki, masih ada ruas tol yang belum menerapkan diskon, seperti tol Tangerang-Merak.

"Saya tunggu Merak belum ada ajuannya. Mudah-mudahan beliau bisa memberikan diskon di situ," kata dia.

 


Arus Mudik Lebaran

FOTO: Penyesuaian Tarif Tol JORR
Kendaraan melintasi Gerbang Tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Senin (18/1/2021). PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penyesuaian tarif tol lingkar luar Jakarta (JORR) seperti W2S, W2U, S, E, Ulujami-Pondok Aren, ATP, dan Bintaro Viaduct-Pondok Ranji. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selama arus mudik Lebaran 2023, Basuki mengatakan Presiden Joko Widodo juga sudah memerintahkan agar semua ruas tol yang berstatus fungsional dapat dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Selain itu, jalan nasional juga disiapkan untuk mendukung arus mudik tahun ini.

"Mudah-mudahan sudah siap untuk arus mudik dan arus balik," kata dia.

Secara keseluruhan, Basuki mengatakan pihaknya sudah menambah prasarana untuk kelancaran arus mudik dan balik pada Lebaran 2023 ini.

Misalnya, dengan pelebaran jalur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pelebaran jalur di sekitar tempat istirahat (rest area) Tol Cipali, penambahan luas tempat istirahat (rest area) tol, penggunaan Tol Cisumdawu, Jawa Barat, dan pengurangan hambatan (debottlenecking) di akses Solo ke Yogyakarta. 

Infografis Tarif Tol Trans Jawa 2019
Infografis Tarif Tol Trans Jawa 2019 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya