ITDC: Pengembangan Kawasan Mandalika Butuh Biaya Besar

ITDC mengajak stakeholder terkait bersama-sama mendukung pembangunan dan pengembangan Mandalika. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB).

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 17 Jun 2023, 16:38 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 16:38 WIB
ITDC memperoleh hak mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit- bukit yang hijau.
ITDC memperoleh hak mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit- bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah. (Dok ITDC)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dipercaya untuk mempercepat pengembangan Mandalika menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

KEK Pariwisata Mandalika dibangun sejak 2015 di atas lahan sekitar 1.174 ha. Pengembangan The Mandalika sebagai kawasan pariwisata terintegrasi dimulai dengan pembangunan infrastruktur dasar berupa akses jalan kawasan, Utility Duct, Water Treatment Plant, Waste Water Treatment Plant, Jaringan Listrik dan fasilitas pendukung lainnya, serta Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau yang saat ini dikenal dengan nama Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengungkapkan, pihaknya mengajak stakeholder terkait bersama-sama mendukung pembangunan dan pengembangan Mandalika. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dalam pembangunan dan pengembangan kawasan ini membutuhkan biaya yang tidak kecil. Juga dukungan dari berbagai pihak yaitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, dan stakeholder terkait serta masyarakat sekitar kawasan," ungkapnya, Sabtu (17/6/2023).

Ari menceritakan, kehadiran event internasional di kawasan The Mandalika seperti MotoGP dan WSBK telah memberikan multiplier effect bagi masyarakat. Dampak ekonomi MotoGP 2022 mencapai Rp 3.570 miliar bagi perekonomian NTB, dan Rp 4.500 miliar bagi perekonomian nasional.

Penyelenggaraan MotoGP 2022 mencatat jumlah penonton mencapai 102.801 orang, serapan tenaga kerja 4.600 orang, estimasi belanja penonton Rp 545,22 miliar, perputaran uang penonton Rp 697,88 miliar, promosi Rp 25.860 juta, akomodasi Rp 42,7 miliar, dan UMKM Rp 23,08 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Pendanaan untuk KEK Mandalika

Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Dalam pembangunan kawasan The Mandalika pada 2015 dan 2020, ITDC telah memperoleh dukungan Pemerintah melalui Penanaman Modal Negara (PMN) secara tunai dengan total Rp 750 miliar.

Selain itu, ITDC juga memperoleh dukungan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), dengan total pinjaman yang telah dimanfaatkan sebesar Rp 3,4 triliun.

Menurut Ari, pendanaan ITDC yang bersumber dari bank saat ini masih terjaga kelancaran pembayarannya karena sumber penghasilan usaha yang didapatkan dari kawasan The Nusa Dua dan bisnis lainnya melalui anak dan cucu usaha ITDC.

"Untuk menjaga kelangsungan usaha dan likuiditas keuangan ke depan, ITDC akan melakukan terobosan bisnis antara lain melakukan optimalisasi aset dengan mitra investasi atas sebagian lahan yang diubah statusnya menjadi Hak Guna Bangunan (HGB) murni, khususnya di The Nusa Dua," terangnya.

 


Feprofiling

Sirkuit Mandalika
Suasana di tribun penonton sirkuit Mandalika yang mulai ramai pada hari race 2, Minggu (13/11/2022) (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Direktur Keuangan ITDC Ahmad Fajar menambahkan, dampak dari pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi sektor pariwisata. ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata akan melakukan reprofiling atas fasilitas perbankan tersebut.

"Sehingga meningkatkan kemampuan pemenuhan kewajiban kepada para kreditur yang dapat disesuaikan dengan pertumbuhan pendapatan kami ke depan," ujar Fajar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya