Tanda Tangan Mao Zedong hingga Bob Marley Dilelang di Inggris, Harga Tembus Rp 461 Juta

Di antara catatan terkenal lainnya yang terjual adalah milik ikon penyanyi reggae asal Jamaika, Bob Marley, Nelson Mandela, dan The Beatles.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 26 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 07:00 WIB
Sepatu Trendi
(Sumber: Audrey Hepburn dengan Kitten Heels dan The Beatles dengan sepatu chelsea)

Liputan6.com, Jakarta Koleksi tanda tangan dari beberapa tokoh figur paling terkenal di abad ke-20 telah terjual lebih dari 78.000 Poundsterling atau sekitar Rp.1,6 miliar di sebuah kegiatam lelang.

Dikutip dari BBC, Jumat (26/7/2024) sebuah uang kertas yang ditandatangani oleh mantan pemimpin partai komunis China Mao Zedong memiliki harga jual tertinggi dalam lelang tersebut, yaitu sebesar 22.000 Poundsterling atau setara Rp.461,5 juta.

Di antara catatan terkenal lainnya yang terjual adalah milik ikon penyanyi reggae asal Jamaika, Bob Marley, pemimpin anti-apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela, dan keempat anggota The Beatles.

Barang dengan penjualan tertinggi kedua di lelang ini adalah salinan buku puisi edisi pertama yang ditandatangani oleh vokalis The Doors, Jim Morrison, dengan harga 6.000 Poundsterling atau sekitar Rp.125,8 juta.

Dijual dengan harga yang sama adalah sebuah karya yang ditandatangani oleh mantan pemimpin China Deng Xiaoping, yang dikenal luas karena membuka negaranya terhadap dunia.

Adapun kartu ucapan bertuliskan "dengan cinta dari" yang ditandatangani oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr berharga 5.500 Poundsterling atau sekitar Rp.115,3 juta.

Peter Mason, dari rumah lelang Dawsons di Maidenhead, Berkshire, Inggris menggambarkan barang-barang tersebut sebagai koleksi unik.

"Di era modern ini, selfie adalah pengingat akan masa ketika berburu tanda tangan bisa menjadi hobi seumur hidup," ujar Masion.

Tumpukan tanda tangan tersebut dikumpulkan oleh seorang kolektor asal Jerman, yang mulai membeli dan memperdagangkan tanda tangan pada tahun 1980an. Mason mengatakan seluruh dana yang terkumpul dari lelang itu akan disalurkan ke badan amal di negara asal kolektor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliarder Kanada Lelang Koleksi Memorabilia Olahraga, Nilainya Fantastis

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Diwartakan sebelumnya, seorang pengusaha dan miliarder asal Kanada, Miles Nadal melelang koleksi memorabilia olahraga, sepatu olahraga langka, dan mobil mewahnya senilai USD 60 juta atau setara Rp 973,97 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.230)

Melansir BBC, Selasa (4/6/2024) lelang tersebut akan diselenggarakan di rumah lelang ternama Sotheby’s. Barang-barang Miles Nadal yang dijual termasuk baju balap yang ditandatangani oleh mantan bintang Formula 1 Michael Schumacher dan lima unit Ferrari merah klasik senilai total USD 20,25 juta atau Rp 328,6 miliar.

Kemudian, koleksi Nadal juga termasuk sepasang "Sepatu Bulan" Nike langka yang dibelinya dengan harga memecahkan rekor USD 437.500 pada 2019, bagian dari koleksi mewah pengusaha yang sebelumnya dipajang di museum pribadi di Toronto.

Adapun koleksi sepatu kets lainnya senilai USD 2 juta atau Rp 32,4 miliar yang diperoleh Nadal baru-baru ini berkat pembelian besar yang dilakukannya pada tahun 2019.

Dalam wawancara dengan berbagai media, Nadal mengatakan dia melelang beberapa koleksinya untuk mengosongkan ruang dan dia akan menyumbangkan hasilnya untuk kegiatan amal.

"Saya berusia 66 tahun, saya ingin menikmati hasil kerja saya dan mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan BNN Bloomberg awal tahun ini.

"Suatu hari saya bosan, duduk di pondok saya di Muskoka, dan saya membeli sesuatu yang disebut koleksi sepatu kets terbaik dari Sotheby's; itu adalah 100 sepatu kets paling ikonik," ungkapnya.

Nadal, yang pernah menjadi salah satu CEO dengan penghasilan tertinggi di Kanada, mengatakan dia mulai mengoleksi mobil langka dan memorabilia lainnya lebih dari 25 tahun lalu.


Koleksi Lainnya

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti

Koleksi Miles Nadal juga mencakup sepatu kets Air Jordan asli yang ditandatangani oleh legenda bola basket Michael Jordan sendiri, dan sepasang sepatu Nike lainnya yang terinspirasi oleh film Back to the Future, satu dari hanya 89 pasang sepatu di seluruh dunia.

Juga dijual di lelang RM Sotheby's adalah lebih dari 100 mobil langka yang pernah dipajang di museum Dare to Dream milik Nadal di Toronto.

Penggemar mobil mungkin akan mengenali salah satu dari masing-masing unit Ferrari "5 Besar": 288 GTO, F40, F50, Enzo dan LaFerrari, serta McLaren P1 2015, satu dari hanya 350 yang ada.

Ada juga Bugatti Veyron 16.4 2008 yang dijual yang dulunya milik tokoh TV Inggris dan produser rekaman Simon Cowell.

Nadal menggambarkan koleksinya sebagai hasil dari "investasi emosional" yang dia lakukan pada barang-barang yang benar-benar dia minati.

Namun dia menambahkan bahwa pemeliharaannya menjadi sulit, itulah sebabnya dia memutuskan untuk melelangnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya