Jadikan Indonesia Negara Maju, Simak Strategi Holding BUMN Jasa Survei

Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI tau IDSurvey menekankan bahwa perusahaan berfokus pada peningkatan infrastruktur dalam membangun Indonesia maju.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 05 Agu 2024, 15:45 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 15:45 WIB
IDSurvey, Holding BUMN Jasa Survei
IDSurvey, Holding BUMN Jasa Survei

 

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei "IDSurvey", turut berpartisipasi dalam acara Annual Conference On Indonesian Economic Development (ACIED) 2024.

Konferensi ini mengangkat tema “Escaping the Middle-Income Trap and Reaching Golden Indonesia 2045: Pathways and Policy Options”, yang berfokus pada penyusunan strategi dan peta jalan pembangunan ekonomi Indonesia.

Menyusun Strategi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Tema tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan peta jalan yang diperlukan agar Indonesia bisa mengatasi tantangan ekonomi dan mencapai status negara berpendapatan tinggi sebelum merayakan 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045.

Prioritas PT BKI dalam Menghadapi Tantangan

Direktur Utama PT BKI, Arisudono Soerono, menekankan bahwa perusahaan berfokus pada peningkatan infrastruktur, kepatuhan terhadap regulasi internasional, serta peningkatan keamanan dan keselamatan di laut.

"Ada kesempatan besar dalam peningkatan kapasitas SDM, penerapan teknologi canggih, dan ekspansi perdagangan internasional melalui jalur laut yang strategis," ujar Arisudono, Senin (5/8/2024).

Inovasi dan Pengembangan Maritim

BKI juga melakukan penelitian dan pengembangan untuk mengatasi berbagai tantangan, termasuk penggunaan bahan bakar ganda pada kapal. Selain itu, BKI berupaya meningkatkan kompetensi personel di sektor maritim melalui BKI Academy, yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kualitas maritim nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) turut menyusun strategi pembangunan ekonomi Indonesia melalui berbagai jenis riset. Salah satu upaya ini diwujudkan melalui acara ACIED 2024. Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, menyatakan, Indonesia memiliki ambisi untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045.

"Mencapai tujuan ini membutuhkan upaya kolektif, kebijakan inovatif, dan komitmen teguh terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif," tambahnya.

Partisipasi BKI dalam ACIED 2024 menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung Indonesia mencapai status negara maju.

Dengan fokus pada peningkatan infrastruktur, teknologi, dan SDM, serta kolaborasi dengan BRIN dan berbagai pihak lainnya, BKI berkontribusi secara aktif dalam perjalanan Indonesia menuju visi Golden Indonesia 2045.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya